Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

'Harta Kekayaan Bernanke Tidak Sebesar Tanggung Jawabnya'

Kamis, 29 Agustus 2013 12:04 WIB
Dibaca 907

Monexnews - Seluruh anggota Dewan Federal Reserve Bank telah melaporkan nilai kekayaannya kepada negara pekan ini. Dari data yang diterima oleh media, ketujuh eksekutif tertinggi bank sentral memiliki aset lebih dari $1 juta.

Sebagai pembuat kebijakan di otoritas moneter tertinggi Amerika Serikat, anggota dewan gubernur dibayar secara layak meskipun tidak bisa disebut berlebihan. Besaran remunerasinya bahkan tidak berbeda jauh dengan pendapatan bersih yang diterima oleh pejabat bank-bank sentral negara lain dengan tingkat perekonomian yang lebih rendah. Pun demikian, hampir sebagian besar dari mereka memang sudah tergolong makmur sejak belum menjadi pembuat kebijakan di Federal Reserve.

Harta nominal gubernur Ben S. Bernanke dilaporkan 'hanya' sebesar $1.1 juta atau setara 12.04 miliar Rupiah plus kepemilikan aset hunian yang berkisar di angka $500.000 sampai $1 juta. Walaupun memikul tanggung jawab lebih besar dibandingkan kolega-koleganya, nilai aset Bernanke tergolong sedikit jika mengacu pada hasil laporan kekayaannya. Di luar aset pribadi, gaji sang gubernur sendiri hanya $199.700 per tahun atau setara 2.18 miliar Rupiah jika mengacu pada kurs USD/IDR saat ini, 10.950. Jumlah tersebut bahkan lebih kecil jika dikomparasi dengan gaji pokok Gubernur Bank Indonesia yang mencapai 199 juta per bulan. 

Calon pengganti Bernanke di bulan Januari nanti, yaitu Janet Yellen, mempunyai simpanan harta lebih banyak dibandingkan sang bos. Kekayaan deputi gubernur wanita ini tercatat berkisar antara $4.8 juta dan $13.2 juta, di mana sebagian besar merupakan tabungan dan investasi bersama dengan suaminya yang juga ekonom penerima nobel, George Akerlof. Portofolio Yellen termasuk dana pensiun dan tabungan sewaktu ia bekerja di University of California, plus kepemilikan saham di beberapa perusahaan seperti Pfizer dan OfficeMax. Uniknya, hobi Yellen juga diperhitungkan ke dalam laporan kekayaan, di mana koleksi perangkonya ditaksir bernilai antara $15.000 dan $50.000.

Selain laporan resmi bank sentral, estimasi nilai kekayaan anggota dewan gubernur juga bisa dilihat pada laporan finansial yang diterbitkan tahun 2010 silam. Dari fakta keuangan yang terungkap dua tahun lalu, Presiden the Fed Wilayah Dallas, Richard Fisher diketahui mempunyai tanah seluas lebih dari 7000 hektar, emas seharga $1 juta dan aset uranium senilai $250.000. Namun dari seluruh jajaran petinggi Fed, Jerome Powell diklaim memiliki jumlah aset paling besar yang angkanya ditaksir mencapai $50 juta (547.5 miliar Rupiah). Mantan pemain saham ulung ini dikenal sukses menggali laba investasi dari berbagai portofolio semasa menjabat posisi rekanan di Carlyle Group. Peruntungan nasib Powell jauh di atas kolega-koleganya di Federal Reserve seperti Jeremy Stein, Elizabeth Duke, Sarah Bloom Raskin dan Daniel Tarullo, yang hanya mengantongi harta antara $1 juta hingga $12 juta.

Bagaimana dengan Larry Summers? Orang non-Federal Reserve yang digadang sebagai kandidat kuat pengganti Bernanke ini terakhir kali melaporkan kekayaannya pada tahun 2009. Seperti dilansir oleh Bloomberg, kombinasi aset Summers kala itu berkisar antara $17 juta dan $39 juta atau jauh lebih makmur ketimbang Yellen dan Bernanke sekarang ini. Artinya jabatan berisiko tinggi tidak otomatis menjamin tingkat kemakmuran karena rancangan remunerasi di negara maju lebih berbasis pada pengabdian.

Sampai dengan tahun 2013, rekor gaji tertinggi yang diterima oleh gubernur bank sentral suatu negara masih dipegang oleh Mark Carney. Sama seperti Bernanke, Carney dituntut untuk menciptakan ekuilibrium ideal antara inflasi dan permintaan guna meningkatkan daya serap kredit oleh pelaku bisnis dan perseorangan di Inggris. Ketimbang pendahulunya, Mervyn King, tugas Carney bisa dibilang lebih berat karena tidak hanya mencakup penetapan suku bungan acuan dan jumlah pembelian aset. Mantan Gubernur Bank of Canada ini juga dihadapkan pada pekerjaan baru yaitu pengawasan perbankan dan sistem keuangan Inggris. Paket remunerasi yang diterima Carney dilaporkan mencapai sekitar $1.3 juta atau 14.2 miliar Rupiah per tahun termasuk gaji, tunjangan dan fasilitas tempat tinggal. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan angka yang diterima oleh bankir lembaga keuangan negara lain, seperti CEO Otoritas Moneter Hong Kong, Norman Chan yang menikmati paket remunerasi $1.2 juta pada tahun 2012. Bahkan jika dibandingkan dengan eksekutif top lainnya, gaji Carney ibarat bumi dan langit. Mario Draghi saja, yang harus 'mengurus' kesehatan moneter di 17 negara zona Euro, 'hanya' dibayar $488.000 plus rumah tinggal dari European Central Bank pada tahun lalu. Di luar Asia, satu-satunya kepala bank sentral yang pendapatannya mendekati Carney hanya Thomas Jordan (Gubernur Swiss National Bank) dengan honor tahunan senilai $1.17 juta termasuk tunjangan pensiun.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar