Minggu, 24 September 2017

world-economy  World Economy

Hasil Meeting ECB Tidak Merubah Skala Stimulus, Fokus Pada Krisis Perbankan Yunani

Kamis, 16 Juli 2015 20:41 WIB
Dibaca 2699

Monexnews -

European Central Bank di hari Kamis memutuskan untuk menaikkan penyediaan dana darurat sebesar €900 juta setara $989 juta, agar perbankan Yunani dapat kembali dibuka dalam waktu dekat.

Presiden ECB Mario Draghi menyebutkan bahwa perkembangan positif banyak terjadi dalam proses negosiasi Yunani dengan kreditur untuk program bailout ketiga, sehingga ECB tentunya akan mengakomodasi permintaan perbankan Yunani.

Pengumuman tersebut diumumkan pada konferensi pers ECB, setelah mempertahankan suku bunga acuan di level 0.05% tidak berubah sejak September tahun lalu. Dan mempertahankan level suku bunga deposit di -0.2%. Dalam konferensi pers, banyak yang mempertahankan sikap ECB terkait Yunani, terutama setelah parlemen Yunani menunjukkan voting yes pada program pengetatan anggaran yang diminta kreditur.

Berbagai bank Yunani telah ditutup sejak 29 Juni, sehari setelah ECB membekukan Bantuan Likuiditas Darurat (ELA). Tanpa akses pendanaan dari investor asing atau bank di luar Yunani, institusi Yunani pun kehabisan dana tunai sehingga membatasi penarikan ATM hanya 60 euro per hari.

Bagaimanapun setelah ECB mencopot kembali pembekuan ELA untuk Yunani, perbankan Yunani kemungkinan belum bisa kembali beroperasi normal dalam waktu dekat seiring arus modal keluar dari Yunani masih berpotensi berlanjut dalam beberapa bulan mendatang.

Kritik berdatangan pada penolakan ECB untuk menaikkan jumlah ELA diatas 89 milyar Euro beberapa waktu lalu, sehingga menyebabkan loss signifkan pada perekonomian Yunani, dan berdampak jangka panjang pada berbagai Yunani, bahkan pemerintah Yunani kini menjadi lebih sulit untuk membayar hutangnya.

Terlepas dari fokus krisis perbankan Yunani, laju pemulihan zona Euro tampaknya masih akan tertopang oleh program stimulus ECB, yakni program pembelian obligasi senilai 60 milyar Euro per bulan yang masih dilanjutkan.

Tekanan inflasi juga masih cukup lemah, di level 0.2% di bulan Juni, jauh dibawah target ECB 2%. Dengan laju inflasi di level yang sangat rendah, Mr. Draghi masih mengimplementasikan program stimulus secara penuh sampai dengan September 2016.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar