Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Hasil Pengalihan Subsidi BBM, Pemerintah Tambah Dana untuk Infrastruktur

Senin, 12 Januari 2015 13:02 WIB
Dibaca 1029

Monexnews - Pemerintah akan menganggarkan dana tambahan sebesar Rp33,31 triliun untuk peningkatan infrastruktur, yang pengelolaannya ditempatkan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dana ini berasal dari pengalihan subsidi BBM, yang alokasinya akan diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP 2015).

Dari data yang dilansir melalui laman Kementerian PUPR, anggaran tersebut akan dibagi untuk ketahanan pangan (bidang sumber daya air) sebesar Rp8,45 triliun, yaitu berupa pengembangan dan pengelolaan irigasi sebesar Rp5,8 triliun, rehabilitasi waduk dan embung sebesar Rp1,1 triliun, serta pengendalian banjir dan pengamanan pantai sebesar Rp1,5 triliun.

Selanjutnya adalah untuk konektivitas (bidang jalan), anggaran yang dialokasikan adalah sebesar Rp15,75 triliun yang terbagi menjadi pembangunan infrastruktur dalam rangka mengurangi kesenjangan antar wilayah, pembangunan jalan di wilayah perbatasan sebesar Rp10 triliun, serta untuk konektivitas berupa pembangunan dan pembebasan tanah jalan bebas hambatan (kewenangan pemerintah) dan pembangunan jalan akses pelabuhan sebesar Rp5,75 triliun.

Untuk peningkatan kualitas kehidupan, anggaran yang dialokasikan adalah sebesar Rp5,4 triliun, yang mencakup pembenahan akses ketersediaan air minum sebesar Rp2 triliun, penyehatan lingkungan dan permukiman (peningkatan sanitasi, sampah dll) sebesar Rp1,4 triliun dan pengembangan kawasan kumuh sebesar Rp2 triliun.

Terakhir di bidang perumahan, pemerintah berencana membangun Rumah Susun dan Rumah Khusus sebesar Rp3,71 triliun, yaitu berupa pembangunan rusunawa, rumah khusus, pemberian bantuan uang muka, revitalisasi rusunawa terbengkalai, perumahan TNI dan pembangunan fasilitas Polri.


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpe penyuntingan

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar