Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Hasil PMI Zona Euro Tidak Seburuk Estimasi

Senin, 3 Maret 2014 16:47 WIB
Dibaca 518

Monexnews - Aktivitas manufaktur di zona Euro tercatat menguat di bulan Februari 2014. Laju penguatannya memang tidak sebagus catatan bulan Januari lalu, namun masih lebih baik dibandingkan harapan pelaku pasar.

Hasil data yang dikumpulkan oleh lembaga statistik Markit menunjukkan bahwa indeks purchasing managers sektor manufaktur (yang didapat dari 3000 perusahaan) turun dari 54.0 menjadi 53.2. Angka di atas 50 masih mencerminkan ekspansi pabrikan di wilayah Euro.

Angka indeks PMI lebih tinggi ketimbang laporan pendahuluan Markit yang dirilis bulan lalu, di mana angka indeks adalah sebesar 53.0. Kenaikan angka pada data itu disebabkan oleh revisi naik pada PMI Prancis dari 48.5 ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir di 49.7. Sektor manufaktur Prancis kini tinggal selangkah lagi berekspansi pasca kelesuan aktivitas produksi dalam dua tahun terakhir.

Sayangnya di saat yang sama, hasil survei manufaktur memperlihatkan bahwa tekanan inflasi juga mereda di bulan Februari. Pelaku bisnis mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir mereka bisa membayar lebih murah untuk mendapatkan bahan-bahan mentah. Badan Statistik Uni Eropa pada hari Jumat lalu mengatakan harga konsumen naik 0.8% di bulan Februari dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Inflasi masih jauh di bawah target ideal mendekati 2% yang ditetapkan oleh bank sentral. Inflasi yang belum sesuai target menunjukkan kalau laju ekonomi kawasan belum sepenuhnya normal.

[Nilai tukar Euro saat ini terpantau pada posisi 1.3771 per US Dollar].

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar