Minggu, 22 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Hindari Middle Income Trap, RI Lakukan Persiapan Dini

Jumat, 7 Februari 2014 10:40 WIB
Dibaca 556

Monexnews - Indonesia harus memperkuat sumber daya manusia (SDM) yang berbasis inovasi pada teknologi. Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri, hal tersebut dinilai penting bagi Indonesia guna menghindari middle income trap (jebakan negara berpenghasilan menengah). Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Perekonomian Indonesia yang bertajuk Menghindari Risiko Middle Income Trap Melalui Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan pada Kamis (6/2) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Menkeu menegaskan, saat ini Indonesia harus melakukan persiapan agar terhindar dari jebakan negara berpenghasilan menengah. "Middle income trap adalah isu jangka menengah dan panjang, tapi persiapannya harus dimulai sekarang," tegasnya. Oleh karena itu, Indonesia harus mengakhiri ketergantungannya terhadap produksi sumber daya alam (SDA) serta meninggalkan rezim upah buruh rendah.

Dengan demikian, Indonesia akan menjadi negara maju berpendapatan tinggi. "Kita harus meningkatkan peran kapasitas agar tercipta SDM yang bagus untuk mendorong produktivitas. Upaya transformasi ini harus dilakukan agar kita tidak tergantung pada raw material dan upah buruh murah," ungkap Menkeu.

Pemerintah, lanjut Menkeu, telah menyiapkan insentif bagi perusahaan yang menyiapkan penelitian dan pengembangan SDM. Langkah tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mendukung proses transformasi industrialisasi secara gradual ke arah industri bernilai tambah tinggi, "Pemerintah juga memberikan tax allowance untuk perusahaan yang mengadakan R&D (research and development) di Indonesia," jelasnya.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar