Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Hingga Akhir Juni, Cadangan Devisa Mencapai USD108 Miliar

Selasa, 14 Juli 2015 11:46 WIB
Dibaca 2515

Monexnews - Bank Indonesia (BI) mencatatkan cadangan devisa Indonesia akhir Juni 2015 sebesar USD108 miliar. Perkembangan ini didorong oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta penggunaan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Tirta Segara, hal ini sesuai dengan fundamentalnya guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Dengan posisi tersebut. cadangan devisa per akhir Juni 2015 masih cukup membiayai 7 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. “BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” kata Tirta seperti dilansir dari laman BI pada Senin (13/07).

Di kesempatan yang berbeda pekan lalu, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyebutkan bahwa, ada lelang Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi US yang hanya boleh dibeli di pasar perdana oleh pasar domestik. Angka indikatifnya berkisar USD500 juta dan berarti sebagai tambahan cadangan devisa BI. “Karena kalau kita keluarkan global bond atau bond dalam hard currency akan jadi bagian cadangan devisa, karena akan masuk rekening pemerintah dari dolar,” jelas Menkeu. (as)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*Disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar