Rabu, 25 Januari 2017

breaking-news Laju inflasi CPI kuartal keempat Australia naik 0.5% vs. 0.7%, estimasi 0.7%.

world-economy  World Economy

HSBC: Indeks Manufaktur Indonesia Anjlok Ke Rekor Terendah

Senin, 1 Desember 2014 11:01 WIB
Dibaca 860

Monexnews - Indeks aktivitas pabrik Indonesia turun ke rekor terendah, di tengah melemahnya permintaan dan tingginya harga bahan bakar setelah pemerintah mengurangi subsidi BBM pada bulan lalu.

Indeks PMI manufaktur versi HSBC untuk Indonesia turun ke rekor terendah di level 48.0 pada bulan November dari 49.2 di bulan Oktober.

"Data PMI terbaru menunjukkan gambaran yang suram untuk manufaktur Indonesia di bulan November, seiring memburuknya kondisi operasional pada laju tercepat dalam sejarah survei yang sudah berlangsung selama 44 tahun," kata ekonom HSBC Su Sian Lim.

Meskipun harga minyak global turun, Presiden Joko Widodo pada bulan lalu memutuskan untuk menurunkan subsidi bahan bakar yang menaikan harga BBM hingga 30%. Langkah tersebut di ambil untuk membebaskan ruang pendanaan untuk pembiayaan proyek pembangunan, menurut salah satu janji kampanye Jokowi.

Lim menambahkan bahwa kondisi sektor manufaktur kemungkinan masih akan tetap lemah dalam beberapa bulan mendatang, walaupun setelah dampak dari kenaikan harga BBM mulai berkurang. "Rupiah melemah dan tingginya harga bahan bakar telah menghasilkan kenaikan lainnya dalam pada harga input, namun dengan kondisi meredanya permintaan akan mencegah manufaktur dari naikan harga yang berlebihan kepada konsumen."

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar