Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

HSBC: Pertumbuhan Output Negara Berkembang Melambat di Bulan Desember

Selasa, 7 Januari 2014 9:18 WIB
Dibaca 677

Monexnews - Aktivitas bisnis di negara berkembang berekspansi pada laju yang lebih lambat pada bulan Desember, tertekan oleh melambatnya tingkat pertumbuhan sektor jasa, menurut hasil survey hari Selasa. Indeks gabungan PMI HSBC untuk negara berkembang turun menjadi 51.6 di bulan Desember dari 52.1 di bulan November. Namun indeks masih bertahan di atas level 50 yang mengindikasikan ekspansi.

"Sektor jasa India terus berperforma buruk; tingkat peretumbuhan sektor jasa China juga melambat secara tajam," ucap Murat Ulgen, kepala ekonom HSBC untuk Eropa tengah dan timur dan Afrika. "Negara berkembang tidak sedinamis dulu – mereka tidak bertumbuh sama seperti pada awal pemulihan di tahun 2009-10."

Indeks output sektor jasa India telah berada di bawah 50 selama enam bulan berturut-turut, menurut hasil survey. Indeks sektor jasa China bulan Desember berada pada 50.9 yang merupakan level terendah sejak Agustus 2011. Indeks output mendatang HSBC turu ke level rendah 6 bulan di bulan Desember, menunjukkan sentimen yang lebih lemah pada sektor jasa dan manufaktur. Namun rata-rata untuk kuartal secara keseluruhan lebih tinggi daripada dua kuartal sebelumnya.

            Diantara negara berkembang BRIC - Brasil, Rusia, India dan China - Brasil terus mencetak tingkat optimisme terkuat mengenai pertumbuhan output tahun ini, namun level tersebut telah turun dalam 2 bulan terakhir. Bagaimanapun juga, HSBC merilis level output sektor manufaktur yang kokoh di Taiwan, United Arab Emirates dan Arab Saudi. Negara-negara dengan tingkat defisit tinggi seperti Brasil, India, dan Indonesia, tertekan oleh rencana Federal Reserve AS untuk memangkas stimulus moneternya. 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar