Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Hubungan Jepang-Cina Kembali Memanas

Senin, 21 April 2014 13:28 WIB
Dibaca 913

Monexnews - Hubungan Jepang dengan Cina kembali memanas setelah Perdana Menteri Shinzo Abe memberikan sesaji ke kuil Yasukuni. Meski Abe tidak melakukan kunjungan langsung ke kuil Yasukuni namun tindakan tersebut dapat memancing amarah Cina yang pernah dijajah oleh Jepang. Cina melihat kuil Yasukuni sebagai tempat penghormatan bagi pejuang Jepang di Perang Dunia II dan kunjungan simbolis dari petinggi Jepang ke sana dapat sinyalkan Jepang tidak mengakui kesalahan yang telah dilakukannya di masa lalu.

Sementara itu, pengadilan Cina menyita kapal yang dimiliki oleh perusahaan Jepang, Mitsui O.S.K. Lines, akibat kegagalan perusahaan untuk memenuhi kewajiban kontraknya pada masa Perang Dunia II. Ini merupakan pertama kalinya aset perusahaan Jepang disita sebagai kompensasi terhadap kejadian di era Perang Dunia II.  Pemerintahan Jepang menyesali keputusan pengadilan Cina tersebut sedangkan Mitsui masih mengkaji keputusan tersebut.

Sementara itu, Nikkei kurangi penguatan di sesi Asia seiring merebaknya kekhawatiran atas hubungan diplomatik Cina dengan Jepang. Nikkei futures kini diperdagangkan 14540; menjauhi level tinggi harian 14660. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar