Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

IAEA: Korea Utara Terindikasi Ingin Mengaktifkan Kembali Reaktor Nuklir

Kamis, 28 November 2013 18:58 WIB
Dibaca 564

Monexnews - Hasl pengawasan aktivitas pada situs nuklir Korea Utara menunjukkan usaha untuk mengaktifkan kembali sebuah reaktor, ucap kepala International Atomic Energy Agency, Yukiya Amano, pada hari Kamis. Korea Utara pada bulan April lalu mengumumkan kan kembali mengaktifkan reaktor pada kompleks nuklir Yongbyon, yang dikatakan para ahli mampu menghasilkan plutonium sebagai bahan untuk pembuatan bom, namun dikatakan bahwa pihaknya sedang mencai kapasitas pencegah. Namano mengatakan IAEA yang berbasis di Vienna terus memantau perkembangan di Yongbyon, terutama melalui satelit imajiner.

"Aktivitas yang terpantau pada situs tersebut sama dengan usaha untuk membangkitkan kembali reaktor 5MW(e)," ucap Amano pada dewan 35 negara IAEA. "Bagaimanapun, agensi tidak memiliki akses terhadap situs tersebut, shingga tidak mungkin bagi kami untuk menentukan apakah reaktor telah kembali diaktifkan," ucapnya.

Reaktor Yongbyon telah ditutup operasinya selama bertahun-tahun. Korea Utara menghancurkan menara pendinginnya di tahun 2008 seiring diskusi dengan Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Jepang, dan Rusia. Saat Korea Utara mengatakan berencana untuk kembali mengaktifkan reaktor tersebut, ahli nuklir mengatakan mungkin akan memakan waktu satu setengah tahun untuk kembali menghidupkan reaktor tersebut, jika tidak mengalami kerusakan yang signifikan akibat dimatikan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar