Senin, 29 Mei 2017

world-economy  World Economy

Idealis, Bos Barclays Tolak Ambil Bonus Tahunannya

Selasa, 4 Februari 2014 11:57 WIB
Dibaca 555

Monexnews - Sikap terpuji diperlihatkan oleh seorang eksekutif bank besar di Inggris. Chief Executive Barclays, Anthony Jenkins, mengembalikan bonus untuk tahun buku 2013 kepada pihak perusahaan tempatnya bekerja karena idealisme pribadi.

Jenkins menolak hak bonusnya karena merasa perusahaan masih memiliki beban biaya yang harus dibayarkan untuk melunasi denda-denda di masa lalu. Lebih lanjut, ia menganggap Barclays masih harus membangun kepercayaan investor untuk tetap menempatkan modalnya di salah satu bank terbesar Britania itu.

Seharusnya Jenkins menerima bonus sebesar 2.7 juta Poundsterling atau setara Rp53.1 miliar atas kinerja bagusnya di tahun 2013. Sejak menjabat pada bulan Agustus tahun 2012, ia memang sudah pernah menolak hadiah bonus tahun pertamanya dari pihak Barclays. "Saya rasa tidak elok kalau saya menerima bonus tahun 2013, namun saya ucapkan terima kasih kepada dewan direksi yang berniat memberikannya," kilah Jenkins dalam pernyataannya hari Senin (03/02). Bos Barclays ini berdalih kalau perusahaan harus berhemat karena mereka masih memiliki tanggung jawab hukum terkait skandal-skandal yang dulu pernah terjadi. "Semua (proses hukum) harus diselesaikan agar kita bisa keluar dari kondisi ini," ujarnya.

Barclays baru saja meraup dana 6 miliar Poundsterling dari penerbitan saham baru pasca diperingatkan oleh badan pengawas untuk menambah cadangan modalnya. Selain terlibat langsung dalam proses pengambilan kebijakan finansial, Anthony Jenkins juga berupaya membangun budaya dan standar baru di Barclays. Ia ingin memperbaiki mental pekerjanya yang sempat drop pasca skandal suku bunga Libor terkuak ke media. Tidak hanya itu, nama Barclays kerap disebut dalam headline surat kabar karena sering teseret kasus manipulasi keuangan dan trading ilegal.

Di Barclays, Jenkins menerima gaji pokok 1.1 juta Poundsterling atau Rp21.6 miliar per tahun dan berhak menerima bonus 250% lebih besar dibandingkan upahnya itu. Tidak hanya itu, ia juga berhak menerima hadiah saham jangka penjang jika kinerjanya memuaskan yang jumlahnya bisa mencapai 400% dari gaji pokok. Secara total, Anthony Jenkins membawa pulang uang sebanyak 2.6 juta Poundsterling di tahun 2012, termasuk gaji 833.000 Poundsterling, insentif jangka panjang 1.5 juta Poundsterling, biaya pensiun 215.000 Poundsterling dan tunjangan 81.000 Poundsterling.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar