Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

IMF, ECB Berbeda Pendapat Mengenai Pengetatan di Eropa

Kamis, 25 April 2013 19:07 WIB
Dibaca 567

Monexnews - Debat mengenai langkah pengetatan di Eropa kembali hangat pada hari Kamis dengan petinggi IMF dan European Central Bank yang bertentangan serta Angela Merkel yang mengemukakan bahwa Jerman membutuhkan kenaikan tingkat suku bunga. Seiring meredanya ancaman perpecahan blok euro, sejumlah petinggi zona euro mengatakan bahwa ini saatnya untuk menarik kebijakan yang dapat memangkas tingkat hutang karena pasar keuangan yang lebih tenang tidak akan berdampak buruk. International Monetary Fund juga menyarankan hal yang sama untuk zona euro dan Inggris, namun Jerman dan ECB menolak usulan tersebut.

"Masih ada resiko Eropa dapat anjlok menuju stagnasi, yang mana akan menimbulkan implikasi yang serius bagi rumah tangga, perusahaan, perbankan, dan institusi lainnya," menurut David Lipton wakil direktur manajer IMF di London. "Untuk menghindari resiko tersebut dengan pasti, para pembuat kebijakan saat ini harus mengambil langkah unutk menguatkan tingkat pertumbuhan," ucapnya.

Namun pada konferensi yang sama, the Economist's Bellwether Europe Summit, anggota dewan eksekutif ECB Joerg Asmussen mendesak pemerintah untuk tetap melaksanakan konsolidasi anggaran dan reformasi. "Menunda konsolidasi fiskal bukanlah jalan keluar yang mudah. Kami sudah mengambil langkah tersebut jika memang mudah," ucap Asmussen. "Menunda konsolidasi fiskal mengakibatkan kenaikan tingkat hutang. Dan ini melikau zona euro di mana tignkat hutang pulik sudah sangat tinggi," ucapnya.

ECB diperkirakan akan memangkas tingkat suku bunga pekan ini, meski pemangkasan sebesar 0.25% kemungkinan tidak dapat mengangkat perekonomian zona euro keluar dari resesi. "Mungkin diperlukan kebijakan tambahan yang tidak konvensional dari ECB,” ucap Lipton, sementara Asmussen mengatakan kebijakan moneter bukanlah sebuah “alat serbaguna”. 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar