Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

IMF: Ekonomi Global Harus Siap Mengantisipasi ‘Exit Strategy’ Federal Reserve AS

Selasa, 8 Oktober 2013 0:26 WIB
Dibaca 893

Monexnews - Negara-negara di seluruh dunia harus mempersiapkan langkah-langkah antisipasi untuk menangkal gejolak yang mungkin ditimbulkan oleh penghentian kebijakan moneter tidak konvensional AS, dan juga negara besar lainnya yang mengadopsi kebijakan serupa pasca krisis keuangan tahun 2008, menurut pandangan kebijakan International Monetary Fund yang diterbitkan hari Senin.

Sebagian besar pasar masih berharap jika penghentian program stimulus tak biasa, seperti program pembelian obligasi Federal Reserve, tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Namun negara-negara lain yang tidak mengadopsi kebijakan semacam itu tetap harus siap mengambil tindakan antisipasi untuk menjaga stabilitas mereka dan meletakkan dasar bagi pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka menengah, tambah IMF.

Kendati IMF percaya jika "Fed memiliki alat kebijakan yang diperlukan untuk menjalankan ‘exit strategy’ secara halus, namun resiko terjadinya beberapa gejolak pada perekonomian global masih tetap ada," kata Karl Habermeier, asisten direktur departemen pasar moneter dan modal IMF, kepada wartawan.

Pasar negara berkembang mulai terguncang pada bulan Mei silam, ketika Fed mulai membicarakan wacana pengurangan kebijakan stimulus mereka yang sebelumnya dirancang untuk menjaga suku bunga AS tetap rendah guna memacu pemulihan ekonomi AS. Wacana tersebut telah memaksa para investor untuk menarik dana investasi mereka dari banyak negara berkembang, yang kemudian memicu kejatuhan mata uang dan saham. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar