Rabu, 22 November 2017

world-economy  World Economy

IMF Koreksi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

Selasa, 3 September 2013 11:03 WIB
Dibaca 544

Monexnews - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dan menaikkan proyeksi inflasi Indonesia. Demikian dilansir dalam Laporan terbaru BBC London dan kantor berita Reuters pada Minggu (1/9).

Dalam laporan tersebut, IMF memproyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,25 persen tahun 2013. Proyeksi tersebut turun dari perkiraan semula yang sebesar 6,3 persen. Sementara, pada tahun 2012, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 6,2 persen. Meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi diyakini akan mengalami percepatan pada tahun depan (2014), seiring dengan membaiknya ekonomi global dan kenaikan konsumsi menjelang pemilihan umum presiden.

Selain itu, IMF juga memperkirakan harga barang akan mengalami kenaikan sebesar 9,5 persen secara tahunan pada akhir 2013 mendatang. Sebelumnya, IMF memperkirakan inflasi hanya berkisar 6 persen saja.

Seperti dikutip dari Reuters, mata uang rupiah kini menjadi mata uang kedua terlemah di Asia setelah rupe India. Hal ini memaksa bank sentral menaikkan suku bunga acuannya menjadi 7 persen pada Kamis (29/8) lalu. Sementara itu, dari Indonesia, juru bicara Bank Indonesia Difi A. Johansyah menyatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan tersebut diharapkan dapat memperkuat kontrol terhadap inflasi dan menekan risiko depresiasi rupiah ke depannya.(ak)

 

Sumber: Rilis Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

 www.depkeu.go.id

 

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar