Jumat, 26 Mei 2017

world-economy  World Economy

IMF Lebih Optimis Terhadap Perekonomian Jerman

Senin, 21 Juli 2014 23:08 WIB
Dibaca 669

Monexnews - Perekonomian Jerman mungkin akan bereskpansi lebih cepat dari perkiraan sebelumnya tahun ini mengingat kuatnya tingkat permintaan domestik dan rendahnya tingkat pengangguran, ucap International Monetary Fund pada hari Senin, memperingatkan bagaimanapun meningkatnya ketegangan antara pihak Barat dan Moskow dapat menekan negara perekonomian terbesar di Eropa tersebut seiring Jerman memiliki hubungan dagang yang erat dengan perusahaan Rusia. Laporan IMF yang bermarkas di Washington mengenai Jerman dirilis sesaat setelah ditembak jatuhnya sebuah pesawat berpenumpang di Ukraina hari Kamis lalu yang memicu usulan untuk sanksi yang lebih berat terhadap Rusia Namun laporan telah difinalisasi sebelum penembakan jatuh Malaysia Airlines MH17 pada area yang dikuasai oleh separatis di wulayah timur Ukraina, yang mana dikatakan oleh pemerintah AS ditembak jatuh oleh sistem anti pesawat terbang yang diselundupkan dari Rusia.

"Jerman memiliki fundamental yang kuat, mengigat sehatnya neraca anggaran, kuatnya posisi fiskal, dan tingkat pengangguran yang berada di rekor rendah. Faktor tersebut berasama dengan kondisi keuangan yang akomodatif dan kuatnya pasar tenaga kerja, telah menopang pemulihan ekonomi," menurut laporan penilaian dewan eksekutif IMF. "Meski demikian… prospek pertumbuhan jangka menengah masih terbatas mengingat lemahnya lingkungan internasional, ketidakpastian mengenai biaya energi di masa mendatang, dan perumahan demografis,” ucap petinggi IMF. “Meningkatnya ketegangan geopolitik antara Ukraina dengan Rusia akan menekan Jerman.. dalam skenario akhir yang mana ketegangan akan memicu gangguan pada suplai energi, Jerman akan terkena dampak yang besar karena ketegantungannya terhadap minyak dan terutama gas dari Rusia."

Dalam laporannya, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan Jerman menjadi 1.9% untuk tahun ini, dari 1.7% sebelumnya, dan memprediksikan pertumbuhan akan berada pada level 1.7% di tahun 2015, naik tipis dari 1.6% pada proyeksi sebelumnya. Hal ini dibandingkan dengan proyeksi pemerintah Jerman untuk pertumbuhan sebeasr 1.8% tahun ini dan 2% di tahun depan. Melambatnya perekonomian Jerman, yang mana dianggap sebagai “jangkar stabilitas” zona euro, mungkin akan menimbulkan sejumlah konsekuensi bagi zona euro di mana pemulihan masih cukup rapuh. IMF kembali menegaskan usulannya di bulan Mei lalu dan medesak Jerman untuk meningkatkan tingkat investasi publik sebanyak 0.5% dari GDP per tahun dalam 4 tahun kedepan. Hal ini berarti penambahan belanja sekitar 14 milyar euro ( 18.9 milyar dollar) hanya untuk tahun ini saja, mengingat bahwa GDP Jerman mencapai 2,737 milyar euro tahun lalu.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar