Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Indeks Kepercayaan Bisnis RI Meningkat di Kuartal II

Selasa, 5 Agustus 2014 13:28 WIB
Dibaca 566

rial, helvetica, sans-serif;">Monexnews - Kalau negara maju di Eropa dan Asia memiliki indikator kepercayaan pelaku bisnis, Indonesia juga mempunyai laporan serupa. Indeks Tendensi Bisnis yang dirilis setiap bulan bermanfaat untuk mengukur animo kalangan pengusaha dalam memandang prospek bisnis satu kuartal ke depan.

Menurut data Badan Pusat Statistik hari ini, kondisi bisnis Indonesia di triwulan II 2014 meningkat jika dibandingkan dengan kuartal pertama lalu. Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada triwulan II berada di angka 106,00 atau lebih baik ketimbang catatan tiga bulan perdana 2014 di angka 101,95.

Peningkatan kondisi bisnis pada triwulan II 2014 terjadi pada semua sektor ekonomi, kecuali sektor pertambangan dan penggalian. Peningkatan kondisi bisnis tertinggi terjadi pada sektor keuangan, real estat dan jasa perusahaan (nilai ITB sebesar 113,05. Sementara peningkatan terendah terjadi pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan (nilai ITB sebesar 102,13).

Kondisi bisnis pada triwulan II 2014 meningkat karena adanya peningkatan pendapatan usaha (nilai indeks sebesar 109,70), kapasitas produksi/usaha (nilai indeks sebesar 106,68), dan rata-rata jumlah jam kerja (nilai indeks sebesar 103,49).

Untuk prospek bisnis triwulan III 2014, nilai ITB diprediksi sebesar 108,06 atau artinya, pelaku usaha menganggap kondisi bisnis akan lebih bagus lagi dibandingkan kuartal II. Adapun sektor yang diperkirakan mengalami peningkatan kinerja di kuartal mendatang antara lain sektor perdagangan, hotel dan restoran (nilai ITB sebesar 112,08). Sementara peningkatan terendah diperkirakan terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian (nilai ITB sebesar 102,61).

Indeks Tendensi Bisnis adalah indikator perkembangan ekonomi usaha terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Bank Indonesia. ITB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang. STB dilakukan setiap triwulan di beberapa kota besar terpilih di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sampel STB triwulan II 2014 adalah sebesar 2.801 perusahaan besar dan sedang, dengan responden utama adalah pimpinan perusahaan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar