Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Indeks Keyakinan Konsumen Alami Pelemahan Tipis di Bulan Juni

Jumat, 4 Juli 2014 14:34 WIB
Dibaca 380

Monexnews -  Survei keyakinan konsumen pada Juni 2014 mengalami sedikit pelemahan dibandingkan bulan sebelumnya. Nilai Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni tercatat 116,3 atau turun 0,3 dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 116,9.

Berdasarkan laporan survei konsumen yang dilansir melalui laman Bank Indonesia, pelemahan tersebut terjadi karena turunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibanding 6 bulan yang lalu. Secara triwulanan, rata-rata IKK triwulan  II-2014 sebesar 115,7 atau lebih rendah dibanding triwulan I-2014 yang sebesar 117.

Meskipun demikian, untuk konsumsi rumah tangga sendiri pada Bulan Juni diperkirakan masih berada di level yang tinggi. Tekanan dari kenaikan harga diperkirakan akan melambat secara signifikan pada Bulan September mendatang. Hal ini dapat diperkirakan dari kembali normalnya permintaan dan pasokan barang pasca Idul Fitri.

Ke depannya, tekanan kenaikan harga diperkirakan akan naik kembali pada Desember 2014, dimana akan adanya peningkatan permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru, serta penurunan subsidi pemerintah untuk Tarif Tenaga Listrik.


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar