Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Indeks Manufaktur ‘Empire State’ Melambat di Bulan September

Senin, 16 September 2013 19:48 WIB
Dibaca 540

Monexnews - Aktivitas manufaktur di kawasan New York mengalami perlambatan pada bulan September, menurut laporan Federal Reserve Bank of New York hari Senin. Indeks manufaktur Empire State turun tipis menjadi 6,3 pada bulan September dari 8,2 pada bulan Agustus. Hasil itu mengejutkan para ekonom yang sebelumnya memperkirakan indeks akan naik menjadi 9,4.

Sebelumnya indeks manufaktur Empire State terus menunjukkan kenaikan sepanjang 4 bulan terakhir, setelah melemah pada bulan April dan Mei. Fed New York berpendapat bahwa angka bulan September menjadi indikasi dari ekspansi moderat dalam aktivitas pabrik.

Sementara detail dari laporan itu sendiri menunjukkan hasil yang relatif mixed. Indeks pesanan baru naik menjadi 2,4 dari 0,3 pada bulan Agustus. Indeks pengapalan melonjak ke 16,4 pada bulan September dari 1,5 pada bulan lalu, yang merupakan level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Di sisi lain, kondisi pasar tenaga kerja memperlihatkan perlambatan dengan indeks pekerjaan merosot ke 7,5 dari 10,8 pada bulan Agustus. Indeks minggu kerja juga turun menjadi 1,1 pada bulan September dari 4,8 pada bulan sebelumnya.

Para pelaku pasar melihat indeks manufaktur Empire State sebagai proyeksi awal dari survey pabrik nasional oleh Institute for Supply Management, yang akan dirilis 2 pekan mendatang. Laporan ISM bulan Agustus menunjukkan indeks aktivitas manufaktur AS melaju pada kecepatan tertinggi dalam lebih dari 2 tahun, dengan naik menjadi 55,7. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar