Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Indonesia Harus Kurangi Ketergantungan pada BBM

Jumat, 29 Agustus 2014 14:02 WIB
Dibaca 659

Monexnews - Indonesia harus segera mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar minyak (BBM). Selain karena menipisnya cadangan minyak yang ada di Indonesia, Plt. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Andin Hadiyanto menilai, hal ini penting untuk meningkatkan ketahanan energi Indonesia.

“Ketergantungan kita pada BBM itu harus sangat-sangat dikurangi. Persediaan kita berapa? Hanya sekitar 4 miliar barel lagi kan?” Ungkapnya baru-baru ini. Hal ini berarti, persediaan minyak tersebut hanya cukup untuk sekitar 15 tahun ke depan.

“Jadi bukan semata-mata isu soal subsidi, tapi juga sudah lebih jauh dari itu, dari sisi ketahanan energi. Kalau subsidinya dikurangi, di sisi lain juga memperpanjang atau menambah ketahanan energi kita,” paparnya.

Di sisi lain, lanjutnya, pengurangan konsumsi BBM juga akan meningkatkan daya saing energi yang lain. “Kalau BBM-nya bersubsidi kamu nanya orang-orang yang bangun biofuel, itu kan susah, kurang begitu laku, cost-nya masih terlalu tinggi dibandingkan dengan BBM yang bersubsidi,” urainya.

Untuk mengurangi ketergantungan pada BBM tersebut, pemerintah perlu menyiapkan program jangka menengah, karena permasalahan ini tidak dapat diselesaikan dalam jangka pendek. “Program jangka menengah itu misalnya subsidi energi harus dikurangi, paling nggak secara bertahap,” katanya.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id
*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar