Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Indonesia Masuk 8 Pemodal Terbesar Bank Infrastruktur Asia

Senin, 29 Juni 2015 15:12 WIB
Dibaca 3569

Monexnews - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dijadwalkan melakukan penandatanganan naskah Article of Agreement (AoA) pendirian Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada Senin (29/6).

Dengan turut menandatangani naskah tersebut, Indonesia secara resmi tergabung sebagai salah satu dari 57 negara pendiri AIIB, dengan modal yang ditanam sebesar 672,1 juta dolar AS yang akan dibayarkan dalam lima tahun. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai pemodal terbesar ke-8 di AIIB. Modal AIIB sendiri direncanakan sebesar 100 miliar dolar AS, dengan modal disetor tunai (paid-in-capital) sebesar 20 persennya.

Sebagai informasi, AIIB merupakan Bank Pembangunan Multilateral yang dirancang untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi pembangunan infrastruktur di Asia, baik kepada institusi pemerintah maupun swasta. Inisiatif pembentukan AIIB sendiri telah disampaikan secara langsung oleh Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping dalam Pertemuan Tingkat Pemimpin Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali pada Oktober 2013 lalu.
AIIB diharapkan dapat memasuki entry into force pada Bulan Desember 2015, dan mulai beroperasi pada awal tahun 2016. Dalam rangka persiapan operasionalnya, akan dilakukan beberapa pertemuan Chief Negotiators sebelum Desember 2015. Pada akhirnya, AIIB diharapkan dapat membantu mengatasi pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id
*disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar