Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Indonesia Siapkan Langkah Bilateral Swap dengan 3 Negara

Selasa, 10 September 2013 11:15 WIB
Dibaca 557

Monexnews - Pemerintah telah menyiapkan satu lagi langkah guna mengantispasi dampak krisis global khususnya likuiditas jangka pendek. Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan langkah yang disebut Bilateral Swap Agreement (BSA). "Jadi nanti kalau ada kejutan berkaitan dengan Quantitative Easing (QE), kita punya rescue packaged yang bagus ya," kata Menkeu, pada Senin (9/9).

Menkeu menyebutkan, tiga negara akan tergabung dalam kesepakatan BSA, diantaranya yang pasti adalah dengan Jepang. "Bilateral swap dengan Jepang, Kan sudah di-announce 12 miliar dolar AS. Dengan (2 negara) yang lain kita juga sudah ada pembicaraan internal seperti itu," katanya Chatib. Pemerintah, lanjut Menkeu, akan menyerahkan wewenang ini sepenuhnya kepada Bank Indonesia (BI).

Seperti diketahui, sebelumnya telah diumumkan secara resmi bahwa BI telah menandatangani perpanjangan BSA dengan Bank of Japan, sebagai agen Menteri Keuangan Jepang sebesar 12 miliar dolar AS, yang berlaku efektif 31 Agustus 2013. Pembahasan untuk kerja sama serupa juga sedang dilakukan dengan bank-bank sentral di kawasan. (ak)


sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar