Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Industri Otomotif Eropa Masuki Fase Kelam

Rabu, 16 Januari 2013 16:50 WIB
Dibaca 494

Monexnews - Asosiasi Produsen Otomotif Eropa (ACEA) hari ini melaporkan bahwa tingkat permintaan mobil di wilayah tersebut turun ke level terendah dalam 17 tahun terakhir. Tidak hanya itu, pihak produsen juga mengklaim tren penurunan minat beli akan berlangsung sampai kondisi ekonomi kawasan benar-benar pulih. 

Salah satu parameter penjualan mobil di wilayah Eropa adalah data pendaftaran mobil baru kepada pihak otoritas. Registrasi mobil baru pada tahun 2012 tercatat merosot 8.2% dibandingkan satu tahun sebelumnya atau hanya sekitar 12 juta unit . Penurunan registrasi kendaraan kemungkinan masih berlanjut tahun ini sebanyak 5%, demikian rilis resmi ACEA.


Bahaya terbesar bagi industri otomotif adalah proyeksi bahwa tingkat permintaan mobil belum akan pulih meski nantinya perekonomian membaik. Ekspektasi ini tentu sangat tidak disukai oleh pihak produsen, investor maupun 2 juta karyawan yang mencari nafkah di dalam sektor ini. Ada banyak alasan mengapa penjualan mobil lesu sepanjang 2012. Morgan Stanley menyebut bahwa warga Eropa mengurangi penggunaan kendaraan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu populasi warga kategori mampu juga berkurang akibat tekanan ekonomi, bahkan banyak warga yang tadinya memiliki mata pencarian kini harus hidup tanpa pekerjaan. Biaya kepemilikan mobil juga terbilang tidak murah lagi seiring kebijakan disiplin pajak yang secara ketat diberlakukan oleh beberapa negara konsumen utama.


Beberapa pelaku industri dan analis cemas jika nantinya pasar otomotif Uni Eropa tidak bisa mengulangi lagi jumlah registrasi kendaraan di tahun 2007 yang mencapai 16 juta unit. Bahkan jumlah registrasi kendaraan baru kemungkinan bisa kembali ke rekor rendah yang terekam pada tahun 1993, yakni hanya 11 juta unit mobil. "Saya tidak bisa bilang seluruh pasar Eropa melemah, tapi yang jelas penurunan terjadi di 15 anggota Uni Eropa," ujar Sekjen ACEA, Ivan Hodac. Apabila mengacu pada jumlah produksi kendaraan, kondisi industri mobil Eropa juga terbilang lesu. Analis menyatakan bahwa saat ini sebanyak 15 sampai 20 pabrik perakitan hanya mampu berproduksi 50% dari kapasitas produksi yang dimilikinya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar