Sabtu, 29 Juli 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Jepang Berakselerasi Pada Bulan Desember

Jumat, 31 Januari 2014 9:53 WIB
Dibaca 344

Monexnews - Biro Statistik Jepang mengatakan inflasi di Jepang diluar sektor makan segar tumbuh 1,3% pada bulan Desember dari tahun sebelumnya. Angka tersebut di atas eskpetasi para analis sebesar 1,2%. Secara keseluruhan sepanjang tahun 2013 inflasi Jepang tumbuh 1,6% dengan sektor makanan segar melonjak 13,6%, listrik naik 8,2%.

Inflasi inti telah mencapai target rata-rata BOJ sebesar 1,3% untuk tahun fiskal yang dimulai April, dan telah lebih dari setengah menuju target 2% yang diungkapkan Januari tahun lalu. BOJ meluncurkan stimulus moneter pada bulan April lalu, bank sentral Jepang tersebut menginginkan target inflasi 2% dapat tercapai dalam dua tahun.

Tantangan perekonomian Jepang selanjutnya adalah negosiasi upah antara perusahaan dan pekerja, dan kenaikan pajak penjualan pada bulan April dapat meredam belanja konsumen. Tanpa kenaikan upah untuk  kompenasasi inflasi serta rencana kenaikan pajak penjualan, daya beli masyarakat Jepang terncam turun. Inflasi Jepang sejauh in didorong oleh naiknya tagihan energi ditutupnya reaktor nuklir Jepang dan pelemahan yen. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar