Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Selandia Baru Melejit Di Kuartal Ke Empat 2013

Selasa, 21 Januari 2014 9:02 WIB
Dibaca 453

Monexnews -

Tingkat inflasi tahunan Selandia  Baru berakselerasi di kuartal ke empat, memacu taruhan Reserve Bank akan naikan suku bunga secepatnya pada bulan ini.

Harga konsumen naik sebesar 1.6% dari kuartal ke empat  tahun sebelumnya, laju tahunan tercepat sejak awal tahun 2012, di katakan oleh Biro Statistik Selandia Baru di Wellington pada hari ini. Harga-harga naik sebesar 0.1% dari kuartal ketiga. Para ekonomi perkirakan tingkat inflasi tahunan sebesar 1.5% dan tingkat kuartalan turun 0.1%, menurut estimasi median analalis dalam survey Bloomberg.

Laju yang cepat pada inflasi, meningkatnya kepercayaan bisnis dan melonjaknya harga rumah telah meningkatkan kemungkinan Gubernur Bank Sentral Selandia Bru, Graeme Wheeler untuk akan naikan suku bunga acuan dari rekor terendah 2.5% pada peninjauan ulangnya di tanggal 30 Januari, kata ANZ Bank New Zealand Ltd. Suku bunga masih belum berubah sejak Maret 2011. Mata uang Selandia Baru menguat.

“Suku bunga uang tunai perlu di naikan di bulan Januari,” kata Mark Smith, ekonom senior di ANZ Bank di Weelington. “ Pertumbuhan inflasi dan GDP saat ini secara mengejutkan telah naik di bandingkan dengan perkiraan RBNZ yang di publikasikan pada  pertengahan Desember, tambahnya.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar