Senin, 23 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Tingkat Produsen Zona Euro Turun Lebih Dari Estimasi

Rabu, 2 April 2014 17:03 WIB
Dibaca 460

Monexnews - Inflasi tingkat produsen zona euro turun sedikit melebihi estimasi di bulan Februari seiring penurunan harga energi, menguatkan peluang pemangkasan suku bunga oleh ECB sesegera pekan ini untuk menghilangkan ancaman deflasi. Inflasi tingkat produsen di zona euro turun 0.2% dari bulan Januari, menurut kantor statistik zona euro Eurostat pada hari Rabu, seiring harga minyak mentah jenis Brent yang menekan outlook inflasi. Ekonom memperkirakan penurunan sebesar 0.1%.

International Monetary Fund mengatakan European Central Bank memiliki ruang untuk memangkas tingkat suku bunga guna membantu zona euro, yang sedang pulih dari resesi terpanjang dan menghadapi lemahnya tingkat permintaan pada berbagai sektor perekonomian. Inflasi tingkat konsumen zona euro menyentuh level terendah sejak November 2009 di bulan Maret, menurut Eurostat pada hari Senin lalu.

Tingkat inflasi saat ini berada di dalam “zona berbahaya” ECB yaitu di bawah 1% selama 6 bulan berturut-turut, dan data-data tersebut meningkatkan peluang ECB akan memangkas suku bunga pada pertemuan kebijakan hari Kamis nanti. Spekulasi bahwa ECB akan mengambil kebijakan pelonggaran lainnya seperti tingkat suku bunga negatif atau pembelian obligasi juga meningkat. Meski demikian zona euro masih berada jauh dari deflasi seperti yang dialami Jepang dari awal 1990, saat penurunan harga melemahkan tingkat permintaan, memicu pada pemangkasan upah dan penurunan harga lanjutan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar