Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Zona Euro Melambat ke Level Terendah 3-Tahun

Senin, 30 September 2013 16:53 WIB
Dibaca 572

Monexnews - Tingkat inflasi tahunan di zona Euro merosot ke level paling lambat dalam 3½-tahun pada bulan September, yang memberi ruang tambahan bagi European Central Bank untuk memompa lebih banyak stimulus moneter ke dalam ekonomi kawasan yang rapuh tersebut jika diperlukan.

Berdasarkan laporan lembaga statistik Uni Eropa, Eurostat, inflasi harga konsumen di blok 17-negara mencatat kenaikan 1,1% pada bulan September dari tahun sebelumnya. Selain melambat dibandingkan laju inflasi tahunan 1,3% yang tercatat pada bulan Agustus, angka tersebut juga merupakan yang terendah sejak Februari 2010. Para ekonom sebelumnya memperkirakan CPI zona Euro akan melaju dengan kecepatan 1,2%.

Eurostat juga menambahkan bahwa perlambatan bulan September lebih disebabkan oleh penurunan tertajam harga energi sejak November 2009, melemahnya kenaikan harga pangan, alkohol dan tembakau.

Dengan tingkat inflasi yang masih berada jauh di bawah target 2% yang ditetapkan ECB, maka inflasi tidak akan lagi dipandang sebagai penghambat bilamana para pembuat kebijakan pada akhirnya memutuskan untuk menyuntikkan lebih banyak stimulus bagi perekonomian. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar