Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Zona Euro Naik Lebih Tinggi Dari Estimasi

Selasa, 2 Juni 2015 17:51 WIB
Dibaca 7738

Monexnews - Inflasi di zona euro naik untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir, dan kenaikan tersebut juga lebih tinggi dari estimasi para ekonom. Kenaikan inflasi tersebut juga menjadi kabar baik bagi European Central Bank yang telah menggelontorkan dana besar melalui program pembelian aset untuk membawa zona euro keluar dari deflasi.

Eurostat melaporkan indeks harga konsune zona euro bulan Mei (year-onyear) naik 0,3%, dari bulan sebelumnya 0%, dan lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 0,2%. Naiknya inflasi tersebut dipicu peningkatan biaya energi, serta adanya tanda-tanda peningkatan belanja konsumen.

Zona euro memasuki masa deflasi pada bulan Desember lalu, ECB kemudian mengumumkan program pembelian aset senilai yang mulai dilakukan bulan Maret, dan berakhir bulan September 2016. Total nilai program yang biasa disebut quantitaive easing tersebut sebesar €1 triliun. 

Indeks harga konsumen inti, yang tidak memasukkan sektor energi dan makanan dalam perhitungan, dilaporkan naik 0,9% lebih tinggi dari estimasi ekonom sebesar 0,7%. (pap/Monex)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar