Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Inflasi Zona Euro Tumbuh Di Bawah Setengah Target ECB

Jumat, 31 Januari 2014 17:35 WIB
Dibaca 589

Monexnews -

Inflasi di kawasan euro masih di bawah setengah dari target bank sentral Eropa di bulan Januari, di dorong oleh turunnya harga energy, menambahkan kemungkinan bagi pembuat kebijakan untuk memangkas suku bunga pada pekan depan.

Harga konsumen pada tingkat tahunan naik sebesar 0.7% dari kenaikan 0.8% di bulan Desember, di laporkan oleh Biro statistik Uni Eropa di Luxemburg pada hari ini. Estimasi median dari 41 ekonom yang di survey oleh Bloomberg News menyerukan kenaikan 0.9%. Itu adalah pembacaan ke empat kali berturut-turut  yang kurang di bawah 1%. Bank sentral yang berbasis di Frankfurt betujuan untuk menjaga inflasi hanya di bawah 2 persen.

Yield obligasi Jerman bertenor 2-tahun turun ke level terendah sejak bulan November kemarin setelah inflasi di Jerman hadir di bawah ekspektasi ekonom, menambahkan bukti bahwa lemahnya tekanan harga di wilayah euro. Presiden Mario Draghi secara tak terduga memangaks suku bunga acuan ke rekor terendah menjadi 0.25% di bulan November setelah inflasi melambat ke level 0.7%.

“Di saat membaiknya outlook pertumbuhan di kawasan euro, masalah yang sedang berlangsung di sektor perbankan, yang di timbulkan melalui kontraksi kredit yang sedang berlangsung, akan terus menjadi hambatan untuk pertumbuhan dan inflasi,” kata Colin Bermingham, seorang ekonom di BNP Paribas SA di London. “ Ini akan berikan tekanan terbaru untuk tindakan ECB.”

Harga energy turun sebanyak 1.2% setelah stagnan di bulan Desember, menurut laporan hari ini. Tingkat inflasi inti, yang di luar beberapa item yang volatile seperti energy, makanan, alcohol dan rokok, naik menjadi 0.8% menjadi 0.7%.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar