Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Inilah 5 Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia

Jumat, 28 Februari 2014 12:55 WIB
Dibaca 912

Monexnews -  Media Fortune dan CNN baru saja merilis daftar perusahaan dengan reputasi paling dikagumi di dunia. Penilaiannya meliputi beberapa kategori termasuk kinerja penghasilan hingga citranya di mata pelaku ekonomi. Nama-nama besar masih mendominasi daftar tersebut, terutama emiten-emiten yang bergerak di sektor teknologi. Kalaupun ada satu perusahaan yang secara mengejutkan masuk dalam ranking hanyalah Southwest Airlines (urutan 9), yang mampu memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi di Amerika Serikat atau setingkat di atas General Electric (posisi 10). Perusahaan ekspedisi FedEx dan produsen minuman Coca Cola juga masih berada dalam list 10 besar, tepatnya di ranking 8 dan 6, sementara nama besar Walt Disney di industri hiburan makin mengukuhkannya di posisi 7. Berikut ini adalah lima perusahaan paling dikagumi di dunia sesuai urutannya:

1. Apple

Ranking di sektor teknologi berbasis komputer: 1
(Ranking sebelumnya: 1)
Skor penilaian: 7.94
Ticker:AAPL
Kantor Pusat: Cupertino, California

Terlalu banyak alasan di balik predikat Apple sebagai perusahaan paling disegani sejagad. Namun faktor kualitas paling mencolok dari perusahaan yang identik dengan mendiang Steve Jobs ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan produk baru, yang tidak hanya ikonik namun juga revolusioner. Selama tujuh tahun berturut-turut, Apple menduduki posisi teratas dalam ranking perusahaan paling dikagumi versi Fortune. Produsen iPhone ini sukses melaba dari fanatisme warga dunia terhadap barang apapun yang dibuatnya. Selain menghasilkan $171 miliar pemasukan di tahun 2013, Apple juga berlimpah dana tunai yang dapat dipakai untuk investasi kapanpun mereka mau. Di samping serius mengembangkan produk smartwatch dan Apple TV, perusahaan juga berencana memperluas bisnisnya ke sektor otomotif dan alat kesehatan.

2. Amazon.com

Ranking di sektor layanan ritel internet: 2
(Ranking sebelumnya: 2)
Skor penilaian: 7.09
Ticker:AMZN
Kantor Pusat: Seattle

Amazon dikagumi karena kemampuannya dalam mengubah budaya belanja masyarakat, Amerika Serikat khususnya, dari toko ke online. Hampir segala keperluan bisa dibeli di sini. Kualitas pengemasan, pengiriman dan purna jual yang mumpuni juga menjadi alasan mengapa konsumennya semakin banyak. Belanja online bahkan sudah menjadi kebiasaan baru warga Amerika jelang hari raya dan musim liburan. Ketika mereka ingin membelikan hadiah kepada kerabat, Amazon selalu menjadi lokasi pertama yang dituju.

3. Google

Ranking di sektor layanan ritel dan internet: 1
(Ranking sebelumnya: 1)
Skor penilaian: 8.07
Ticker:GOOG
Kantor Pusat: Mountain View, California

Raja mesin pencari ini berubah status menjadi jawara bisnis teknologi internet berkat strategi merjer dan akuisisi yang apik. Selain fokus menggarap bisnis di dunia maya, Google juga giat memperluas cakupan riset dan pengembangan di antaranya dengan membuat produk inovatif Google Glass. Tidak hanya itu, pihak direksi juga mengalihkan bisnisnya ke pengembangan robot sebagai penunjang kehidupan manusia. Bos insinyur Andy Rubin makin mantap mewujudkan mimpi Google sebagai pelopor pembuatan robot canggih, yang tidak hanya bisa dipakai untuk keperluan militer, namun juga bisa membantu kehidupan sehari-hari masyarakat.

4. Berkshire Hathaway

Ranking di sektor asuransi, Properti dan Investasi: 1
Ranking sebelumnya: 1 
Skor penilaian: 7.11
Ticker:BRKA
Kantor Pusat: Omaha

Lazimnya, perusahaan investasi selalu dicibir karena dianggap selalu melaba dalam kondisi apapun dan kerap merusak tatanan finansial dalam praktiknya. Namun tidak demikian halnya dengan Berkshire Hathaway, yang justru mendapat penilaian bagus dari pelaku bisnis dan ekonomi. Di bawah besutan miliarder Warren Buffett, Berkshire menjelma dari sebuah perusahaan kecil menjadi konglomerasi raksasa multi-investasi. Perusahaan ini memegang saham-saham variatif mulai dari  Coca Cola sampai perusahaan kelas teri seperti Benjamin Moore. Tim investasi Buffett tidak pilih-pilih dalam melihat peluang keuntungan. Perusahaan sekecil apapun apabila dianggap memiliki potensi, mereka bisa langsung membeli dan menyulapnya menjadi perusahaan besar.

5. Starbucks
 
Ranking di sektor jasa pangan: 1
Ranking sebelumnya: 1 
Skor penilaian: 7.85
Ticker:SBUX
Kantor Pusat: Seattle

Dari sebuah kedai kecil di pinggiran Seattle, Starbucks menjelma jadi perusahaan makanan dan minuman nomor satu di Amerika. Hanya dengan menjual kopi, 'duyung hijau' mampu memperluas cakupan bisnisnya di berbagai belahan dunia. Kini CEO Howard Schultz bahkan bertekad untuk menaklukkan wilayah yang masyarakatnya kurang familier dengan produk kopi. Hasil ekspnasi ke wilayah China nantinya akan menunjukkan sejauh mana mereka mampu mengubah kebiasaan minum teh warga di sana menjadi budaya minum kopi di pagi hari. Apabila Starbucks bisa menguasai mindset warga China, entah berapa banyak laba yang mereka bisa raup dari setiap gerainya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar