Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Investasi MP3EI Capai 647,4 Triliun

Rabu, 4 September 2013 14:14 WIB
Dibaca 348

Monexnews - Sejak dicanangkan pada 27 Mei 2011, program Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah meraup investasi di sektor riil dan infrastruktur senilai Rp647,4 triliun. Namun, dari jumlah tersebut, investasi swasta dalam pembangunan infrastrukur masih rendah. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa pada Selasa (3/9) di Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, total proyek MP3EI yang telah di-groundbreaking sampai dengan Juli 2013 sebanyak 240 proyek, dengan nilai investasi mencapai Rp647,4 triliun. Dari jumlah tersebut, 94 proyek diantaranya berasal dari sektor riil dengan nilai investasi sebesar Rp364,4 triliun. “Dari keseluruhan laporan tim menunjukkan bahwa total investasi untuk sektor riil dan infrastruktur di luar SDM (sumber daya manusia) IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah Rp647,4 triliun yang terdiri atas enam koridor,” terangnya.

Hatta menambahkan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta masih mengambil porsi terbesar dalam investasi. Dari total investasi tersebut, BUMN berinvestasi sebesar Rp173,3 triliun, swasta sebesar Rp231,9 triliun, pemerintah sebesar Rp99 triliun, dan kerja sama pemerintah dan swasta (Public Private Partnership) sebesar Rp143,1 triliun.

Namun demikian, lanjutnya, jika dirinci, porsi investasi swasta dalam proyek infrastruktur masih rendah. “Kalau kita kaitkan swasta dan pemerintah, maka pemerintah masih memegang lebih besar untuk infrastruktur. Dari sini kita pikirkan bagaimana mendorong swasta ke infrastruktur agar kita berikan semacam insentif,” pungkasnya.(ans)


Sumber: Rilis Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

 www.depkeu.go.id

 *disadur tanpa perubahan



(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar