Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Investor Wall Street Mulai Patungan untuk Danai Kampanye Capres

Kamis, 16 Juli 2015 11:33 WIB
Dibaca 1705

Monexnews - Pemilihan presiden di Amerika Serikat baru akan berlangsung tahun depan, tetapi pelaku pasar keuangan di sana sudah memiliki jagoannya masing-masing. Beberapa bank investasi dikabarkan sudah patungan uang untuk mendanai kampanye dua kandidat potensial dari Partai Republik dan Demokrat, yaitu Jeb Bush dan Hillary Clinton.

Menurut dokumen laporan keuangan kandidat yang dikutip oleh Wall Street Journal, Jeb Bush sudah mendapat suntikan dana kampanye sebesar $145.000 dari karyawan yang bekerja di Goldman Sachs dan nyaris $167.000 dari tujuh bank lain. Ia juga menerima donasi $63.100 dari karyawan perusahaan keuangan bernama Neuberger Berman, yang juga merupakan bank milik salah satu sepupunya yaitu George Herbert Walker IV. Jeb dikenal sebagai seorang bankir sebelum ia terjun ke ranah politik. Selama bekerja sebagai penasihat di Lehman Bros. dan Barclays PLC, ia berhasil mengumpulkan pendapatan rata-rata antara $1,3 juta dan $2 juta per tahun. Sejauh ini mantan koleganya di Barclays sudah menyumbang total uang $29.700 dari nilai dana sumbangan maksimal yang diperbolehkan per individu, yaitu sebesar $2700. 

Di saat yang sama, rival potensial Bush dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, sudah mengumpulkan sekitar $300.000 dari sumbangan enam bank besar. Uang $88.000 didapat dari bos-bos bank investasi Morgan Stanley dan $62.000 hasil dari patungan karyawan di J.P. Morgan Chase & Co. Clinton sendiri dikenal sebagai kandidat favorit bagi sebagian besar pelaku pasar di Wall Street. Dari sisi keuangan hal ini menguntungkan dirinya, tetapi di sisi lain juga menjadi kelemahan karena itu bisa menjadi senjata bagi calon lain untuk mendiskreditkannya. Patut diketahui bahwa sebagian besar warga Amerika menilai bank-bank investasi sebagai biang keladi kehancuran ekonomi nasional 8 tahun lalu. Kedekatan Clinton dengan bank dan pelaku pasar modal dapat dianggap sebagai indikasi adanya kebijakan untuk membantu mereka kelak saat ia terpilih.

Faktor popularitas juga sangat berpengaruh terhadap pundi-pundi dana kampanye yang dikumpulkan oleh donatur perorangan untuk Jeb Bush dan Hillary Clinton. Bush dikabarkan baru mengumpulkan uang $11,4 juta dari donatur individu, sementara Clinton mengantongi $46,7 juta sejak pertama kali mengumumkan pencalonannya bulan April lalu. Jika uang-uang itu digabungkan dengan dana yang terkumpul dari Komisi Aksi Politik atau PAC serta grup simpatisan lainnya, maka modal kampanye Bush sudah tembus $120 juta atau nyaris dua kali lipat dari dana kampanye Clinton, yang hanya mencapai $70 juta. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar