Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Iran Siap Berkompromi Atas Kapasitas Nuklirnya

Jumat, 4 Juli 2014 8:36 WIB
Dibaca 401

Monexnews - Iran telah mengurangi permintaan atas kapasitas nuklirnya meski Barat mendesak Tehran untuk berkompromi lebih lanjut, menurut laporan Reuters. Meski demikian, diplomat Barat yang menjadi nara sumber Reuters utarakan tidak mudah untuk mewujudkan kesepakatan nuklir menjelang dateline 20 Juli mendatang. Iran dan negara Barat akan kembali melakukan perundingan selama 2 minggu demi mengatasi kecemasan Barat atas program nuklir Iran. Jika kesepakatan dapat dicapai maka Barat akan melonggarkan sanksi ekonomi dan ini dapat meredakan potensi konflik di Timur Tengah.

"Tehran telah mengurangi jumlah sentrifugal yang diinginkan namun jumlah tersebut masih belum dapat diterima," ujar diplomat yang enggan mempublikasikan identitasnya. Kemarin, petinggi Iran telah memberitahukan Reuters bahwa Tehran menolak untuk mengurangi permintaan atas jumlah sentrifugal yang dapat dimiliki yakni sebanyak 50.000. Meski demikian, diplomat Barat utarakan Iran mulai melunak dan tidak begitu bersitegas terhadap 50.000 sentrifugal.

Iran kini hanya memiliki 19.000 sentrifugal namun yang beroperasi hanya 10.000. Iran membutuhkan sentrifugal dalam jumlah besar sehingga dapat menjamin teknologi nuklirnya cukup untuk menyediakan listrik dan pengembangan teknologi kedokteran. Meski demikian, Barat tetap khawatir dengan banyak nya jumlah sentrifugal tersebut karena berpotensi meningkatkan kapasitas nuklir Iran yang berpotensi untuk pengembangan senjata nuklir. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar