Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

ISM: Momentum Pertumbuhan Manufaktur AS Berlanjut

Senin, 2 Desember 2013 22:30 WIB
Dibaca 449

Monexnews - Aktivitas manufaktur di AS terus melanjutkan momentum pada bulan lalu, berdasarkan data yang dirilis Institute for Supply Management hari Senin. Indeks aktivitas manufaktur ISM secara tak terduga melonjak ke level tertinggi sejak April 2012 menjadi 57,3 pada bulan November dari 56,4 pada bulan Oktober. Yang mementahkan ekspektasi penurunan menjadi 55,0 dari para ekonom.

"Dengan 15 dari 18 industri manufaktur melaporkan pertumbuhan di bulan November, tren pertumbuhan positif di paruh ke-2 tahun 2013 nampaknya masih terus berlanjut," kata ISM dalam laporan tersebut.

Sebelumnya, pada hari Senin Markit juga merilis data PMI yang menunjukkan aktivitas manufaktur AS rebound menjadi 54,7 setelah menyentuh level terendah setahun pada 51,8 di bulan Oktober.

Survey sub-indeks ISM juga secara umum menunjukkan angka yang jauh lebih kuat pada bulan November.

Permintaan terpantau berada dalam kondisi ‘sehat’ seiring indeks pesanan baru ISM naik menjadi 63,6 dari 60,6 pada bulan Oktober. Indeks ini tercatat telah berada di atas level 60 selama 4 bulan berturut-turut. Indeks ekspor juga terus melanjutkan peningkatan meningkat dengan mencetak level tertinggi sejak Februari 2012 pada bulan November, naik menjadi 59,5 dari 57,0 pada bulan Oktober. Sedangkan indeks produksi meningkat menjadi 62,8 dari sebelumnya 60,8.

Permintaan tenaga kerja juga mencatat kenaikan pada bulan November, dengan indeks pekerjaan ISM naik menjadi 56,5 dari 53,2 pada bulan Oktober. Hasil ekspansif ini mengisyaratkan jika Departemen Tenaga Kerja AS mungkin akan melaporkan kenaikan dalam data payrolls hari Jumat mendatang. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar