Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Israel Tolak Gencatan Senjata

Senin, 28 Juli 2014 10:05 WIB
Dibaca 576

Monexnews - Pihak Israel menilai tidak dibutuhkannya gencatan senjata lanjutan di Gaza, menurut salah satu pejabat Israel pada hari Senin, seiring ketegangan antara pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Washington memanas dalam usaha mediasi AS untuk mengakhiri perang yang hampir selama 3 pekan tersebut. Bentrokan mereda pada akhir pekan lalu, dengan pasukan Islamik Hamas di Palestina mengabulkan usulan PBB untuk gencatan senjata selama 24 jam menjelang hari Raya Idul Fitri di hari Senin. Meski demikian pihak Israel menolak keras, melanggar tawarannya sendiri untuk memperpanjang gencatan senjata selama 12 jam dari hari Sabtu seiring peluncuran misil Palestina berlanjut. Kabinet keamanan Netanyahu menggelar pertemuan pada Senin dini hari untuk mendiskusikan proposal termasuk peningkatan serangan di Gaza yang mana menewaskan hampir 1,100 orang.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengunjungi Gaza pekan lalu mencoba untuk menghentikan pertumpahan darah, kontaknya dengan Hamas difasilitasi oleh Mesir, Turki, Qatar, dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Israel menginginkan Mesir, yang juga berbatasan pada Selat Gaza dan menganggp Hamas sebagai ancaman bagi keamanan, untuk memimpin penyerangan pasukan Islamik Palestina. Pihak Israel mencemaskan kota Doha dan Ankara yang diduduki oleh Hamar meminta untuk membuka area yang diblokade.

Sejumlah bocoran pada media oleh petinggi Israel membantah konsep kesepakatan oleh Kerry karena terlalu mengakomodasi pihak Hamas. Namun Presiden AS Barack Obama, yang berbicara dengan Netanyahu pada hari Minggu, menekan Israel untuk melakukan gencatan senjata tanpa syarat dan nampak mengaitkan permintaannya agar roket antar perbatasan dan lorong infiltrasi Hamas dilucuti menjadi kesepakatan damai dengan pihak Palestina belum disetujui secara diplomatik. Israel tidak merespon atau merilis seusatu dalam waktu dekat. Namun Israel Radio mengutip salah satu petinggi pemerintah mengatakan “Gencatan senjata tidak dibutuhkan. Biarkan pihak Hamas berhenti lebih  dahulu."

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar