Senin, 18 Desember 2017

world-economy  World Economy

Isu Tapering Kian Santer Setelah Beige Book AS

Kamis, 5 September 2013 13:49 WIB
Dibaca 585

Monexnews - Pulihnya dollar AS (USD) hari ini (Kamis, 5/9) terutama akibat berhembusnya kembali isu tapering (pengurangan stimulus) yang kian santer di pasar global setelah Federal Reserve (the Fed) merilis laporan Beige Book semalam.

Beige Book merupakan ringkasan penjelasan tentang kondisi ekonomi saat ini. Laporan Beige Book tersebut mencakup taksiran penilaian terhadap outlook perekonomian antar wilayah di setiap negara bagian di AS. Dan angka pertumbuhan yang optimis menunjukkan bahwa perekonomian AS telah mencapai titik dimana Federal Reserve perlu untuk menarik program pembelian obligasinya.

Dalam laporannya, Beige Book menjelaskan bahwa ekonomi AS tumbuh pada laju "lunak sampai sedang" antara bulan Juli s/d Agustus. Dan laporan tesebut langsung memperkuat argumen bahwa bank sentral AS akan mulai segera menarik program pembelian aset tersebut.

Menurut the Fed, penjelasan Beige Book tersebut mengacu pada rilis data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kian membaik belakangan ini. Pekan ini saja, data ekonomi yang telah rilis menunjukkan ISM manufacturing PMI bulan Agustus naik menjadi 55.7 dari bulan sebelumnya 55.4. Sedangkan angka construction spending melonjak 0.6% di bulan Juli dari bulan sebelumnya unchanged.

Sepanjang pekan lalu, pemerintah juga telah merilis angka pertumbuhan ekonomi kuartal-2 (GDP kuarta II) yang di luar perkiraan di revisi naik tajam menjadi 2.5% dari rilis sebelumnya di angka 1.7%. Selain itu, data manufaktur PMI khusus wilayah Chicago meningkat menjadi 53.0 di bulan Agustus dari angka sebelumya di level 52.3. Dan indeks sentimen konsumen dari University of Chicago di revisi naik menjadi 82.1 dari catatan sebelumnya di angka 80.

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar