Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Italia Berpotensi Hadapi Kebuntuan Politik

Selasa, 26 Februari 2013 16:13 WIB
Dibaca 449

Monexnews -

Italia berisiko untuk menghadapi kebuntuan politik setelah hasil pemilu Italia menunjukkan kebangkitan popularitas partai gerakan 5 bintang yang diketuai Beppe Grillo, sehingga tidak ada satupun partai yang menjadi mayoritas di parlemen Italia.

Hasil quick count menunjukkan koalisi center-left yang dikepalai Pier Luigi Bersani hanya menang tipis 31.6% di Senat, sedangkan di DPR hanya memimpin 29.6%, sedangkan koalisi center-right arahan Silvio Berlusconi memimpin 30.7% di Senat, dan di tingkat DPR nya hanya memimpin 29.2%, Five-Star Movement Beppe Grillo sendiri meraih suara 23.8% di Senat, dan 25.6% di tingkat DPR, terakhir Civic Choice yang dikepalai Mario Monti hanya meraih 9.1% suara di Senat & 10.6% suara di tingkat DPR.

Hal ini menunjukkan kesulitan bagi pemerintahan untuk mendapatkan dukungan parlemen demi menjalankan pemerintahan secara efektif, satu-satunya solusi adalah partai utama melakukan aliansi satu sama lain atau beraliansi dengan Mr. Grillo, dimana hal tersebut merupakan skenario yang mustahil.

Hasil ini pemilu nasional Italia yang tidak pasti ini berarti bahwa Italia akan menghadapi ketidakstabilan keuangan karena reformasi yang dijanjikan pada Uni Eropa oleh Mario Monti sebelumnya menjadi tidak jelas. Respon para pelaku pasar pun menjadi negatif, dimana yield obligasi Italia pada tenor 10-tahun meroket ke level 4.68%, tertinggi dalam setahun terakhir. Di Pasar saham, indeks saham Prancis, Jerman, Spanyol dan Italia terpuruk masing-masing lebih dari 2%. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar