Jumat, 24 Maret 2017

breaking-news Klaim Awal Pengangguran AS naik menjadi 258K pekan lalu dari sebelumnya 243K, estimasi 240K

world-economy  World Economy

Iwata – BOJ Puas Dengan Kinerja Program Pelonggaran

Jumat, 28 Februari 2014 15:57 WIB
Dibaca 518

Monexnews - Deputi Gubernur Bank of Japan (BOJ), Kikuo Iwata menuturkan bahwa program pelonggaran bank sentral (easing program) saat ini sudah bekerja sangat baik dan efektif dalam mendongkrak angka pinjaman bank domestik, sehingga hal itu mampu menggugurkan skeptisme yang beredar bahwa program itu hanya memiliki dampak yang terbatas.

Dalam penjelasannya di parlemen pada Jumat siang (28/02), Iwata mengakui bahwa program kuantitatif maupun kualitatif milik BOJ sudah berjalan sangat efektif dalam menstimulasi pinjaman bank termasuk stok uang.

Dan menurutnya perlu dicatat bahwa pinjaman bank telah meningkat belakangan ini meskipun fakta bahwa tingkat pinjaman cenderung menurun ketika ekonomi keluar dari deflasi. Hal itu terjadi karena muncul situasi di mana perusahaan-perusahaan dan rumah tangga biasanya akan membuka dahulu tabungan mereka yang telah terakumulasi selama ekonomi merosot.

Menurut data pemerintah, total pinjaman dari bank-bank regional maupun besar meningkat 2.5% dari tahun sebelumnya hingga Y413.036 triliun di bulan Januari. Dan angka itu menurun dari bulan sebelumnya di level 2.6%. Namun hasil tersebut mencatat angka pertumbuhan dalam 27 bulan berturut-turut.

Program tersebut juga berhasil dalam meningkatkan kinerja fundamental negeri Jepang sepanjang bulan Januari lalu. Berdasarkan data yang rilis pada Jumat pagi (28/02), angka industrial output tercatat melonjak tajam hingga 4% di Januari dari bulan sebelumnya di level 0.9%. Sedangkan data retail sales juga melejit hinga 4.4% untuk Januari dari bulan sebelumnya pada 2.6%. (dar)

 

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar