Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Jabat BI-1, Agus Martowardojo Ditantang Risiko Inflasi

Jumat, 24 Mei 2013 11:47 WIB
Dibaca 348

Monexnews - Mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu, Agus Martowardojo, hari ini (Jumat 24/04) resmi menduduki kursi Gubernur Bank Indonesia (BI). Agus dilantik sebagai pimpinan tertinggi di otoritas moneter pukul 09.30 WIB di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. 

Pelantikan Agus Martowardojo dilaksanakan di ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung RI sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 45/P Tahun 2013. Dalam taklimatnya, ia menyebut laju inflasi sebagai fokus utama kepemimpinannya. Stabilitas harga dianggap sebagai modal utama untuk menciptakan ekonomi yang kuat sekaligus tahan banting dari ancaman gejolak internasional. Dalam masa jabatan lima tahun ke depan, Agus Martowardojo berkomitmen untuk membuka diri terhadap kenaikan suku bunga acuan, menjaga nilai tukar Rupiah dan melakukan apapun demi mencapai tingkat inflasi ideal.

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM bersubsidi bulan depan untuk menggerus beban anggaran nasional. Agus dituntut untuk mampu menyesuaikan kebijakan bank sentral dengan dinamika fiskal yang terjadi akibat kebijakan pemerintah tersebut, khususnya terkait ancaman inflasi pasca penetapan harga BBM baru. Mantan gubernur BI, Darmin Nasution, pekan lalu memperkirakan inflasi bisa naik sampai 7.8% di akhir tahun apabila pemerintah jadi menaikkan harga bahan bakar. Angka tersebut jauh di atas kisaran target bank sentral antara 3.5% dan 5.5% untuk tahun 2013.

Adapun pekerjaan rumah gubernur BI yang baru nantinya adalah bagaimana untuk bisa mentransfer kewenangan terhadap pengawasan bank kepada lembaga yang baru dibentuk tahun depan. Otoritas Jasa Keuangan akan mengambil alih tugas supervisi perbankan di bulan Januari 2014 sehingga bank sentral bisa terfokus pada kebijakan moneter. Agus dan jajarannya harus mampu mendelegasikan tanggung jawab lamanya secara sukses agar OJK bisa langsung bekerja sesuai tujuan pendiriannya. Nilai tukar Rupiah saat ini diperdagangkan di 9.770 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar