Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Jaga Stabilitas Devisa, Rusia Semakin Rajin Borong Dollar

Jumat, 5 Juni 2015 15:52 WIB
Dibaca 3097

Monexnews - Bank of Russia dilaporkan telah membeli $200 juta untuk menambah pos cadangan devisanya hari ini. Aksi borong Dollar dilakukan sejak 13 Mei lalu guna menjaga stabilitas devisa, yang sempat tergerus akibat seringnya intervensi kurs di pasar uang.

Sejak periode pembelian pertengahan Mei, Bank Sentral Rusia terpantau hanya 'libur' memborong Dollar selama dua hari. Jika ditotal sampai sekarang maka total pembelian sudah mencapai kisaran $3,1 miliar.

Pemerintah Moskow memang memerintahkan bank sentral untuk menambah pos devisa secara bertahap. Total target pembelian dipatok pada angka $500 miliar untuk tiga hingga lima tahun ke depan. Langkah ini diperlukan untuk meredam gejolak di sistem keuangan dan mengantisipasi aliran modal keluar. Sampai dengan tanggal 29 Mei, total cadangan devisa Rusia berada pada level $356,5 miliar.

Jumlah pembelian Dollar yang dilakukan oleh Bank of Russia setiap harinya memang kurang dari 5% dari rata-rata turnover di bursa Moskow. Namun fakta bahwa bank sentral terus memborong Dollar tetap membuat kurs Ruble melemah. Di sesi perdagangan awal hari Jumat, nilai tukar Ruble terpantau menguat 0,5% ke level 56.18 per Dollar setelah sempat menyentuh posisi terendahnya sejak awal April lalu. Kombinasi antara memburuknya situasi keamanan di Ukraina bagian timur dan harga minyak yang murah menjadi faktor utama yang membebani Ruble. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar