Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Jelang Imlek, BPS Ingatkan Pemerintah Soal Potensi Inflasi

Senin, 27 Januari 2014 13:42 WIB
Dibaca 548

Monexnews - Menjelang perayaan Imlek yang berlangsung pada akhir Bulan Januari 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan pemerintah, khususnya otoritas terkait untuk memastikan pasokan dan distribusi bahan pangan pokok tetap terjaga.

Deputi Bidang Statistik dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan bahwa jika suplai dan distribusi bahan pangan pokok terhambat, hal ini dapat mendorong inflasi pada Januari ini. "Cabai dan daging ayam jelang Imlek kebutuhan tinggi. Kalau bisa itu dijaga suplainya," ungkap Sasmito di Jakarta, Rabu pekan lalu (22/01).

Sasmito menjelaskan bahwa distribusi dan produksi bahan pangan pokok tersebut harus menjadi perhatian, karena saat ini cuaca ekstrim sedang melanda beberapa daerah di Indonesia. Perhatian yang lebih, harus ditujukan khususnya kepada daerah produsen komoditas pangan tersebut. Ia juga menekankan bahwa Pemerintah masih memiliki waktu untuk menjaga distribusi dan produksi bahan pokok tersebut. “Masih ada cukup waktu” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa suplai bahan makanan mulai terganggu akibat cuaca ekstrem dan banjir di beberapa daerah. Ia menyampaikan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memastikan ketersediaan bahan pokok. Untuk meredam gejolak harga, intervensi pasar juga telah diinstruksikan.(nic)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur dengan keterangan tambahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar