Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Jelang Pemilu, Kepercayaan Pebisnis Indonesia Justru Meninggi

Kamis, 13 Februari 2014 13:25 WIB
Dibaca 566

Monexnews - Pelaku usaha di Indonesia merasa lebih tenang dalam menjalankan bisnisnya tahun ini dibandingkan semester II tahun lalu. Fakta tersebut diungkap oleh lembaga keuangan Citi dalam rilis penelitiannya, yang dilansir oleh Dow Jones Newswires. 

Di luar dugaan, kepercayaan bisnis perusahaan meningkat walaupun periode pemilihan umum semakin dekat. Sinyalemen tersebut didapat pasca pertemuan pelaku sektor perbankan pekan ini dalam diskusi tentang tantangan ekonomi tahun 2014. "Sebagian besar pebisnis percaya kalau tekanan terhadap nilai tukar telah berakhir sehingga mereka bisa melanjutkan rencana ekspansinya mulai sekarang," demikian urai Citi dalam laporannya.

Prospek bisnis di tanah air masih cukup cerah terutama jika berkaca pada faktor demografi konsumen dan tingginya pertumbuhan warga kelas menengah. Nilai tukar Rupiah memang merosot drastis sepanjang 2013, namun kini pergerakannya mulai stabil dengan penguatan mencapai 0.8% tahun ini dan sekarang tercatat kuat di kisaran 12.065 per Dollar. Adapun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 5.2% sejak awal Januari sekaligus meraih predikat sebagai pasar modal dengan kinerja terbaik Asia Tenggara setelah bursa ekuitas Vietnam.

"Kami perkirakan outlook jangka pendek masih penuh risiko. Ada potensi kenaikan suku bunga, kenaikan biaya produksi dan pelemahan Rupiah, di mana hal ini mengancam bisnis perusahaan ritel," tambah Citi. Pun demikian, investor diharapkan tetap bisa mengambil untung dari kenaikan jumlah permintaan dari konsumen kelas menengah.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar