Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Jenderal Senior Suriah Membelot Ke Negara Barat

Rabu, 4 September 2013 22:36 WIB
Dibaca 484

Monexnews -

Mantan Menteri Pertahanan Suriah Jenderal Ali Habib, seorang tokoh Alawi terkemuka, dikabarkan membelot dan saat ini berada di Turki. Jika pembelotn Ali Habib bisa dikonfirmasi, maka Habib adalah tokoh dengan pangkat dan jabatan tertinggi khususnya dari minoritas Alawi yang membelot sejak pemberontakan pecah pada 2011.


Sejumlah sumber di negara-negara Teluk mengatakan, Habib membelot pada Selasa malam dan tiba di perbatasan Turki sebelum tengah malam bersama dua atau tiga orang lainnya. Dia lalu dibawa melintasi perbatasan dalam iring-iringan kendaraan.

Habib didampingi sejumlah perwira militer yang mendukung pembelotannya. Para perwira itu dikabarkan juga sudah meninggalkan Suriah namun belum diperoleh informasi lebih lanjut. Labwani mengatakan Habib bisa meninggalkan Suriah berkat bantuan dari sebuah negara Barat.

Mantan perwira angkatan darat Suriah itu mengatakan pasukan Assad kini memiliki sekitar 36.000 perwira dan 28.000 orang di antaranya adalah kelompok Alawi. Sisa 8.000 perwira merupakan gabungan antara Sunni yang merupakan mayoritas di Suriah, serta warga minoritas seperti Kristen dan Druze.

Setelah muncul rumor Habib disingkirkan karena menentang pembunuhan pengunjuk rasa, dia muncul di layar televisi pemerintah menyampaikan sumpah setianya kepada pemerintahan Assad. Para diplomat Barat menduga bahwa Habib membuat pernyataan dukungan kepada Assad itu di bawah paksaan.

Habib terlibat dalam perang Oktober 1973 melawan Israel, di mana Suriah gagal merebut kembali dataran tinggi Golan. Dia juga ikut dalam Perang Teluk 1990-1991, saat Hafez al-Assad, ayah Bashar al-Assad, secara simbolis bergabung dengan koalisi pimpinan AS untuk mengusir Irak dari Kuwait.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar