Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Jepang Akan Perketat Pengawasan di Senkaku

Selasa, 8 Januari 2013 19:06 WIB
Dibaca 463

Monexnews - Perdana Menteri Shinzo Abe perintahkan menteri pertahanan untuk memperketat pengawasan di sekitar Kepulauan Senkaku, wilayah yang sedang dipermasalahkan dengan Cina. Wakil Menteri Luar Negeri, Akitaka Saiki, telah memanggil Duta Besar Cina di Tokyo seraya utarakan protes atas masuknya empat kapal pemerintah Cina di wilayah tersebut. Kapal Cina tersebut memasuki wilayah Senkaku pada Senin siang dan meninggalkan area pada Selasa pagi.

Kementrian Kelautan Cina telah mengkonfirmasi empat kapal tersebut seraya menegaskan kapal hanya berpatroli di wilayah perairan Cina. Kementrian tersebut bahkan berbalik mengkritik Jepang yang telah memasuki wilayah Cina. "Sikap Jepang dapat memperburuk kondisi di wilayah tersebut dan ini telah mendapatkan perhatian khusus," ujar Sun Shuxian, petinggi partai Komunis Cina yang menangani masalah kelautan.

Hubungan Jepang dengan Cina memang telah memburuk sejak pemerintah Jepang membeli kepulauan Senkaku dari investor swasta Jepang pada bulan September silam. Cina mengklaim pulau tersebut adalah miliknya yang juga dikenal dengan nama Pulau Diaoyu. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar