Senin, 24 Juli 2017

world-economy  World Economy

Jepang Belum Panik Hadapi Gejolak Pasar

Jumat, 7 Juni 2013 11:34 WIB
Dibaca 369

Monexnews - Pemerintah Jepang utarakan kecemasan terhadap volatilitas pasar namun belum terlalu panik melihat tingginya gejolak. Yen menguat hingga menyentuh level 95.54 sedangkan Nikkei futures masih berkutat dekat level terendah dalam dua bulan terakhir seiring munculnya keraguan terhadap kebijakan "Abenomics" untuk memulihkan perekonomian Jepang. Namun, karena gejolak juga disebabkan oleh berkurangnya kekhawatiran atas pengurangan stimulus moneter Fed maka Tokyo tidak punya banyak pilihan selain hanya melihat pergerakan pasar dan berharap gejolak segera mereda.

"Kami terus memantau pergerakan pasar ... namun saya tidak berpikir pemerintah harus mengambil respon dalam waktu dekat. Gejolak pasar cukup tinggi namun intervensi belum diperlukan," ujar Menteri Keuangan Taro Aso. "Yang terpenting adalah perekonomian Jepang kini mulai stabil," tutur Menteri Ekonomi Akira Amari seraya utarakan bahwa pergerakan pasar juga dipengaruhi faktor eksternal.

Salah satu alasan yang mungkin dapat menjelaskan kenapa Tokyo tidak begitu cemas dengan nilai tukar yen mungkin adalah perusahaan Jepang tidak terlalu menginginkan berlanjutnya  pelemahan yen. Survei Reuters terakhir menunjukan perusahaan Jepang ingin kestabilan yen atau mungkin sedikit penguatan. Setelah yen menembus level psikologis 100, survei Reuters terhadap 400 perusahaan menunjukan 80% responden ingin yen stabil di kisaran 100. Hanya 7% yang ingin yen melemah ke level 105 dan 8% yang mau yen terdepresiasi ke 110. Di lain pihak, 29% responden menginginkan yen menguat kembali ke level 95 dan bahkan 9% menginginkan yen berada di level 90. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar