Selasa, 17 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Jepang Catat Lonjakan Core Machinery Orders

Jumat, 17 Mei 2013 10:33 WIB
Dibaca 352

Monexnews - Angka komponen core machinery orders Jepang naik 14.2% di bulan Maret 2013 dibandingkan satu bulan sebelumnya. Menurut pemerintah, kenaikan tersebut cukup baik terutama di tengah kelesuan aktivitas bisnis di negeri Sakura sepanjang tahun ini. 

Terlepas dari bagusnya data hari ini, prospek aktivitas manufaktur tetap buram di masa depan. Kantor kabinet Jepang menyatakan bahwa core orders, indikator utama aktivitas bisnis, diperkirakan turun 1.5% untuk periode April-Juni atau menandai penurunan kuartalan ke-lima secara beruntun. Pemerintah sendiri masih mempertahankan penilaian selama tiga bulan beruntun yakni dengan statement "pemulihan bertahap sedang berlangsung". Pelaku sektor manufaktur memprediksi core orders naik 0.8% untuk periode April-Juni, sekaligus menjadi kenaikan pertama dalam tujuh kuartal terakhir. "Hal ini bisa menjadi sinyal positif bagi perekonomian kami," ujar Yoko Nakagaki, Kepala Biro Statistik Kantor Kabinet Jepang.

Pun demikian, banyak ekonom meragukan optimisme pemerintah dan menilai ekspektasi itu mungkin urung tercapai. "Kenaikan 0.8% sangat bisa diumpamakan sebagai pemulihan yang kuat," tutur Koya Miyamae, Ekonom SMBC Nikko Securities. Hasil data tersebut seakan menjadi peringatan bagi Perdana Menteri Shinzo Abe dan jajarannya bahwa aksi moneter agresif belum menyentuh dunia bisnis. Sejauh ini iklim penurunan nilai tukar dan gelontoran stimulus hanya mampu menggenjot kinerja pasar modal dan konsumsi rumah tangga.

Kenaikan 14.2% di bulan Maret adalah penguatan core orders terbesar dalam skala bulanan sejak April 2005. Adapun faktor utama yang mendongkrak angka produktivitas di antaranya adalah investasi berbasis jalur transportasi, pembelian alat-alat sistem di perusahaan keuangan. Rasio kenaikan lebih besar dibanding ekspektasi ekonom yang disurvei oleh Nikkei dan Dow Jones Newswires, yang hanya menargetkan kenaikan bulanan 2.5%. Sementara jika dibandingkan dengan catatan periode yang sama tahun lalu, data core orders naik 2.4% di bulan Maret. Nilai tukar Yen saat ini terpantau di 102.31 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar