Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Jepang Masih Menjadi Penanam Modal Terbesar Di Indonesia

Kamis, 25 April 2013 22:01 WIB
Dibaca 495

Monexnews -

Penanaman modal asing di Indonesia mencetak rekor kuartal tertinggi pada tiga bulan pertama tahun ini. Pencapaian tersebut menggarisbawahi meningkatnya ketertarikan investor asing terhadap kelas menengah Indonesia yang terus bertumbuh. Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) jumlah investasi asing di Indonesia pada periode Januari-Maret tahun ini naik 27,2% menjadi Rp 65,5 triliun. Ini meningkat dibanding kenaikan 22,9% pada kuartal IV tahun 2012, ketika investasi asing mencapai Rp 56,8 triliun.

Analis juga masih optimis bahwa potensi pertumbuhan Indonesia di jangka panjang yang bagus masih akan terus menarik bagi penanam modal asing hingga mencapai $30 - $35 milyar per tahun, khususnya jika pemerintah terus terlibat dalam pembangunan infrastruktur.

Perhatian pemodal asing terhadap Indonesia meningkat sejak Fitch Ratings dan Moody’s Investors Service menaikkan peringkat sovereign credit Indonesia menjadi layak investasi pada akhir tahun 2011 dan awal 2012. Kuatnya permintaan konsumen, pertumbuhan ekonomi stabil di tengah perlambatan ekonomi negara maju, serta melimpahnya sumber daya alam kian menambah ketertarikan investor.

Sejauh ini Jepang adalah sumber PMA terbesar Indonesia pada kuartal pertama dengan investasi dari sektor otomotif sebesar $1,2 miliar. Pemodal terbesar kedua Korea Selatan dengan investasi sebesar $800 juta dan posisi ketiga ditempati Singapura dengan investasi $600 juta.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar