Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Jepang Pertahankan Status Negara Kreditor Terbesar

Selasa, 28 Mei 2013 15:10 WIB
Dibaca 592

Monexnews -  Data pemerintah Jepang menunjukkan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut mempertahankan posisinya sebagai negara kreditor terbesar di dunia, yang mencerminkan perbedaan antara nilai aset yang dimiliki di luar negeri dikurangi kewajiban suatu negara. Jepang menjadi negara kreditor terbesar 22 kali berturu-turut pada tahun 2012, akibat penguatan dollar terhadap yen membantu penggelembungan nilai aset luar negeri Jepang. China dan Jerman menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Menurut Kementrian Keuangan Jepang, jumlah aset bersih Jepang di luar negeri sebesar 296.3 triliun yen atau $2.9 triliun, dari nilai 86.32 yen per dollar pada akhir tahun lalu. Mata uang Jepang telah jatuh setelah Perdana Menteri, Shinzo Abe, meluncurkan program pelonggaran moneter yang agresif. pelemahan yen berarti aset dalam bentuk mata uang asing, misalnya dollar, akan menajdi lebih berharga bila dihitung dalam yen.

Namun analis mengatakan tidak ada jaminan Jepang akan mempertahankan gelar tersebut, akibat defisit perdagangan yang besar, didorong lonjakan impor energi ditengah krisis atom Fukushima, dan juga memiliki hutang publik yang besar.

Selain itu data pemerintah Jepang juga menunjukkan aset bersih China di luar negeri sebesar 150.3 triliun yen tahun lalu, diikuti Jerman  121.9 triliun yen, Swiss 84.7 triliun yen, dan Hong Kong 63.4 triliun yen. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar