Jumat, 26 Mei 2017

breaking-news Klaim Pengangguran AS naik ke 234K pekan lalu,sebelumnya 232K, perkiraan 238K

world-economy  World Economy

Jepang Siapkan Stimulus 3 triliun Yen untuk Subsidi Pemda

Kamis, 18 Desember 2014 10:41 WIB
Dibaca 509

Monexnews - Pemerintah Jepang dikabarkan berencana menyuntik dana 3 triliun Yen atau sekitar $25 miliar ke sistem perekonomian. Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengalokasikan uang sebanyak itu untuk membantu pemerintah daerah, seperti diberitakan oleh surat kabar Asahi.

Suntikan dana baru memang dibutuhkan oleh beberapa daerah di Jepang untuk menjaga daya beli warganya pasca kenaikan pajak penjualan bulan April lalu. Shinzo Abe didesak untuk lebih agresif menyuntik dana ke sistem keuangan untuk mengakhiri periode deflasi yang sudah berlangsung selama 15 tahun. Sejak bulan November lalu, sang kepala pemerintahan sudah meminta menteri-menterinya untuk melakukan langkah antisipasi setelah Jepang resmi masuk fase resesi di kuartal III.

Paket stimulus 3 triliun Yen kemungkinan dilulncurkan 27 Desember mendatang, di mana alokasi utamanya untuk subsidi bagi pemerintah daerah. Uang sebanyak itu akan dipakai untuk subsidi produk-produk barang-barang kebutuhan dan bahan bakar supaya harganya tidak terlalu memberatkan konsumen. Anggarannya sendiri berasal dari pendapatan tambahan negara dan dana yang tersisa dari APBN tahun lalu, bukan datang dari penjualan surat hutang. Shinzo Abe memang agak mengubah strategi percepatan ekonominya, yakni dengan lebih fokus membantu warganya per wilayah. Hal ini juga dianggap sebagai langkah efektif untuk menarik simpati jelang pilkada bulan April tahun depan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar