Minggu, 22 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Jerman Ingin Geser Posisi Bos IMF ke Komisi Eropa

Rabu, 4 Juni 2014 13:15 WIB
Dibaca 531

Monexnews -  Kanselir Jerman, Angela Merkel, dilaporkan meminta Christine Lagarde untuk menjadi Presiden Komisi eropa berikutnya. Lagarde, yang kini menjabat sebagai Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), dianggap sebagai sosok yang pas untuk memangku tanggung jawab baru di pos pemerintahan Eropa.

Dalam sebuah percakapan pribadi dengan Presiden Prancis, Francois Hollande, Angela Merkel menanyakan apakah koleganya itu berkenan melepas Christine Lagarde untuk menjadi bos Komisi Eropa yang baru. Presiden Hollande sendiri mengatakan dirinya tidak dalam posisi untuk mengambil keputusan soal itu, namun ia menganggap akan lebih baik jika Eropa tidak kehilangan wakilnya di IMF.

Kabar soal permintaan Merkel itu langsung dibantah oleh juru bicara pemerintah Jerman, Steffen Seibert. Kepada Reuters, Seibert menegaskan negaranya tetap fokus mendukung Jean-Claude Juncker dalam pemilihan parlemen Eropa. Jerman sama sekali belum membahas soal pembagian kekuasaan di badan resmi Eropa dan lembaga kreditur internasional dengan pihak manapun.

Wacana penggeseran Lagarde dari posisinya sebagai Kepala IMF merebak di tengah keinginan negara-negara berkembang supaya pimpinan lembaga itu tidak melulu dijabat oleh orang Eropa dan Amerika Serikat. Sebagai kepala negara paling berpengaruh di benua biru, Angela Merkel dinilai mulai mendengarkan aspirasi mitra kerjasamanya yang berasal dari negara-negara berkembang. Jerman berusaha menciptakan nuansa demokratis karena tidak ingin hubungan ekonomis dengan kekuatan baru seperti China dan Brazil menjadi rusak. Dengan menggeser Christine Lagarde ke Komisi Eropa, maka terbuka ruang bagi IMF untuk mencari pemimpin baru berkebangsaan non-Eropa dan Amerika Serikat.

Juru bicara IMF, Conny Lotze membantah isu yang menyebut Christine Lagarde akan lengser dari jabatannya dalam waktu dekat. "Ibu Lagarde sudah berulangkali menegaskan komitmennya untuk mengabdi di IMF dan menyelesaikan masa jabatan sebagai Managing Director," tegas Lotze kepada awak media.

Christine Lagarde merupakan salah satu figur terbaik Prancis di bidang keuangan dan hubungan internasional. Wanita berusia 58 tahun ini adalah menteri keuangan kesayangan Presiden Nicolas Sarkozy pada saat krisis tahun 2011 sebelum ditunjuk sebagai kepala IMF hingga periode 2016 mendatang. Apabila pihak Jerman menginginkannya sebagai bos baru Komisi Eropa, maka kanselir Merkel harus melobi negara-negara anggota zona Euro guna mendapat restu atas keinginan tersebut. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar