Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Jerman Siap Teken Paket Bantuan Baru untuk Yunani

Senin, 3 Februari 2014 15:04 WIB
Dibaca 429

Monexnews - Pemerintah Jerman memberi sinyal adanya restu pengucuran paket bantuan untuk Yunani dalam waktu dekat. Menurut majalah Der Spiegel, kementerian keuangan bersiap menyodorkan dana antara 10 hingga 20 miliar Euro sebagai kompensasi bantuan tahap III kepada Athena. Komentar sang menteri keuangan kian memperkuat spekulasi yang merebak di pasar keuangan. 

Kesediaan pemerintah Jerman untuk meloloskan dana talangan tersebut mencerminkan rasa puas atas apa yang sudah dilakukan oleh Yunani sepanjang masa krisis. Meskipun berdampak pada lonjakan angka pengangguran dan penurunan angka GDP nasional, pihak Athena tetap konsisten menjalankan amanat Uni Eropa dan sekutunya.

Menurut Der Spiegel, paket pinjaman baru senilai 10 hingga 20 miliar Euro sedang dipersiapkan oleh Berlin. Media tersebut konon mendapat bocoran dokumen persetujuan dari sumber dalam kementerian keuangan. Apabila nantinya benar demikian, maka paket bantuan untuk Yunani sesuai dengan apa yang sudah ditegaskan oleh Menkeu Wofgang Schauble pekan lalu. Kepada media, ia menyebut sedang mempelajari pengucuran dana tambahan bagi Yunani namun jumlahnya tidak akan sebesar bailout terdahulu yang totalnya mencapai 240 miliar Euro.

"Yang pasti, dana talangan untuk Yunani tidak akan sebesar paket bantuan terdahulu," ujar Schauble kepada majalah Wirtschaftswoche. Yunani membutuhkan biaya sekitar 15 miliar Euro untuk bisa tetap beroperasi dalam dua tahun ke depan. Sebagai motor politik zona Euro, Jerman memang mengkoordinasikan program bantuan kepada negara-negara pesakitan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar